Berbagai Macam Penyebab Kencing Bau Menyengat

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 23 Maret 2020 | 17:25 WIB



Wartakesehatan.com-Urine yang normal ditandai dengan warna kuning pucat hingga jernih dan berbau khas. Adanya bau pada urine ini disebabkan zat amonia. Namun, bila air kencing berbau lebih kuat dari biasanya, mungkin saja baru tersebut berasal dari sesuatu Anda konsumsi atau pertanda dari penyakit tertentu.

Kandungan utama urine adalah air, dan sisanya berupa limbah yang terdiri dari racun dan zat sisa metabolisme yang disaring oleh ginjal.Tinggi atau rendahnya kandungan air dan zat sisa pada urine dapat memengaruhi aroma urine.

Berbagai Penyebab Kencing Berbau

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kencing berbau menyengat, antara lain:

1. Konsumsi makanan atau obat tertentu

Kencing bau bisa disebabkan makanan tertentu, misalnya petai atau jengkol. Kedua jenis makanan ini mengandung senyawa sulfur alami yang membuat urine berbau tajam.

Selain itu, beberapa jenis obat dan vitamin, seperti suplemen vitamin B, juga diketahui dapat memengaruhi aroma urine. Kencing bau akibat makanan atau obat akan segera hilang apabila zat penyebab bau sudah dikeluarkan dari tubuh.

2. Konsumsi kopi

Sisa zat yang berasal dari kopi akan dipecah oleh tubuh dan menyebabkan urine berbau. Selain itu, kopi juga bisa membuat Anda sering buang air kecil.

Semakin sering Anda buang air kecil, semakin banyak pula cairan tubuh yang terbuang. Hal ini dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan membuat urine menjadi lebih pekat dan lebih bau daripada biasanya.

3. Hamil

Saat hamil, kadar hormon HCG (human chorionic gonadotropin) yang diproduksi selama masa kehamilan akan mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan urine berbau menyengat, terutama saat trimester awal kehamilan.

4. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan urine penderitanya berbau menyengat, antara lain:

Dehidrasi

Kencing berbau dan berwarna kuning tua atau jingga serta tampak lebih pekat adalah tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Jika Anda mendapati kencing menjadi lebih kuning dan berbau, serta merasa haus dan lemas, segeralah penuhi asupan cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih ditandai dengan nyeri atau perih saat buang air kecil serta bau urine yang menyengat dan berwarna keruh. Terkadang, infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan adanya darah pada urine.

Diabetes

Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes menyebabkan urine berbau manis layaknya cairan yang mengandung gula. Bila Anda mengalami kondisi ini, segeralah periksakan diri ke dokter.

Fistula vesikointestinal

Fistula vesikointestinal terjadi ketika ada lubang atau jalur antara kandung kemih dan usus, sehingga memungkinkan bakteri berpindah dari usus ke kandung kemih. Infeksi bakteri di kandung kemih bisa menyebabkan urine berbau menyengat.

Penyakit hati

Gangguan pada fungsi hati sering ditandai dengan urine yang tampak lebih gelap menyerupai warna teh dan bau yang menyengat.

Penyakit kencing sirup mapel

Urine beraroma manis juga dapat terjadi pada penderita penyakit urine sirup mapel. Penyakit genetik yang tergolong langka ini dipengaruhi oleh ketidakmampuan tubuh untuk memecah asam amino leusin, isoleusin, dan valin.

Fenilketonuria

Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak dapat memecah asam amino fenilalanin. Akibatnya, zat tersebut akan menumpuk di urine dan membuat urine mengeluarkan bau khas yang menyerupai urine tikus.




#Kesehatan #Kencing berbau #Fenilketonoria
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

+Indeks