Beragam Penyebab Yang Membuat Kita Hilang Ingatan

Oleh : Kiven Timisela | Kamis, 13 Pebruari 2020 | 22:32 WIB



Wartakesehatan.com-Hilang ingatan bisa disebut juga dengan amnesia, yaitu kondisi di mana seseorang kesulitan mengingat fakta atau pengalaman masa lalu. Penderita hilang ingatan juga dapat mengalami kesulitan dalam membentuk ingatan baru.

Hilang ingatan(amnesia) tidak hanya sering dikaitkan dengan benturan pada kepala atau kecelakaan, tetapi juga bisa disebabkan oleh ragam kondisi lainnya, seperti gangguan pada kelenjaar tiroid, hingga penyakit HIV, tuberkolosis, dan sifilis, yang bila tidak mendapat penanganan, bisa saja memengaruhi kinerja otak, termasuk pusat memori.

Beragam Penyebab Hilang Ingatan

Cedera kepala seringkali menjadi penyebab umum seseorang mengalami hilang ingatan. Benturan keras di kepala yang dapat menyebabkan hilang ingatan jangka pendek ataupun panjang.

 Selain itu, ada juga beberapa penyebab hilang ingatan lainnya antara lain:

  • Penyakit Alzheimer
    Hilang ingatan merupakan salah satu pertanda dari kondisi ini.Alzheimer merupakan bentuk paling umum dari demensia, dan biasanya menyerang seseorang pada usia di atas 65 tahun. Hilangnya ingatan akibat demensia pada penyakit Alzheimer, dipengaruhi oleh penurunan kemampuan kognitif karena kerusakan dan gangguan fungsi sel otak. Alzheimer merupakan penyakit otak yang fatal, degeneratif, dan progresif.
  • Stroke
    Penderita stroke dapat mengalami hilang ingatan sebagian atau jangka pendek. Pada stroke, pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah, sehingga aliran darah ke otak terhenti. Hal ini menyebabkan gangguan fungsi otak, termasuk hilangnya ingatan.
  • Ensefalitis
    Ensefalis yang merupakan peradangan pada jaringan otak ini, dapat disebabkan oleh infeksi. Bila peradangan menyebabkan kerusakan pada pusat memori di otak, maka dapat terjadi hilang ingatan.
  • Anoksia otak
    Kekurangan oksigen pada jaringan otak dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi otak. Termasuk fungsi memori, sehingga dapat terjadi hilang ingatan. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh serangan jantung, gangguan pernapasan, hingga keracunan karbon monoksida.
  • Gangguan kesehatan mental
    Gangguan kesehatan mental ini bisa menyebabkan seseorang sulit untuk konsentrasi dan fokus, sehingga dapat memengaruhi daya ingat. Pada kondisi stres,trauma,dan depresi yang cukup berat, ingatan yang berkaitan dengan penyebabnya dapat diblokir sebagai bentuk pertahanan diri. Kondisi ini sering dikenal sebagai amnesia psikogenik.
  • Obat-obatan
    Beberapa obat dapat mengganggu daya ingat seseorang, misalnya obat tidur, obat antidepresi, obat pereda nyeri,antihistamin,relaksan otot, dan obat penenang. Untuk itu, konsumsi obat perlu dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.
  • Alkohol
    Konsumsi alkohol berlebihan dalam jangka waktu singkat, dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan ingatan selama mabuk. Dalam jangka panjang, alkoholisme dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin B1 (defisiensi tiamin), dan mengalami Sindrom Wernicke-Korsakkof,yang menyebabkan seseorang tanpa sadar kehilangan daya ingatnya.



#Kesehatan #Alkohol #Amnesia
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 17 menit yang lalu

Penyebab Penyakit Asam Urat

Wartakesehatan.com-Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat..
Warta Sehat - 37 menit yang lalu

Daging Babi adalah Rumahnya Cacing Pita

Wartakesehatan.com-Mengonsumsi daging babi memiliki risiko terkena infeksi cacing pita. Selain itu, mengonsumsi daging ini..
Warta Sehat - 57 menit yang lalu

Penyakit Hewan Ternak Ini Bisa Menular Ke Manusia

Wartakesehatan.com- Memelihara hewan ternak dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup menjanjikan. Namun, tidak bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Mencegah Infeksi Leptospirosis

Wartakesehatan .com-Leptospirosis biasanya menyebar melalui urine dari hewan yang telah terinfeksi. Urine ini dapat..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Waspadai Bahaya Dari Bulu Kucing

Wartakesehatan.com-Meski kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit, namun bukan berarti kehadirannya tidak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Berolahraga

Wartakesehatan.com-Pinggang adalah bagian tubuh yang menumpu seluruh beban dari tubuh bagian atas. Saat pinggang terasa sakit,..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas Dan Aktifitas Padat

Wartakesehatan.com-Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Indonesia Siap Kembangkan Vaksin Antivirus Corona

Wartakesehatan.com-Penyebaran virus Corona atau COVID-19 menjadikan patogen ini sebagai darurat kesehatan global..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Informasi Sangat Penting Dalam Mencegah Resiko Virus Corona

Wartakesehatan.com-Sejak mewabah di Wuhan, China pada Desember 2019, virus Corona terus menjadi perbincangan di tengah..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Kacang Pistachio Dapat Mengurangi Kolesterol

Wartakesehatan.com - Kacang kacangan adalah makanan  sehat yang mengandung banyak vitamin baik untuk kesehatan tubuh...

+Indeks