Apa yang Terjadi Jika Anda Berolahraga Pagi Sebelum Sarapan ?

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 14 Pebruari 2020 | 06:00 WIB



Wartakesehtan.com - Sarapan dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi setelah tubuh tidak mengonsumsi makanan selama tidur. Sedangkan untuk berolahraga, tubuh membutuhkan kalori untuk menghasilkan energi.

Dengan berolahraga setelah sarapan, tubuh akan memiliki kalori yang lebih untuk dibakar, namun tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan dengan sempurna sehingga langsung berolahraga tepat setelah makan juga tidak disarankan. Lalu bagaimanakah efeknya berolahraga pagi hari saat belum sarapan dan perut masih kosong?

Efek berolahraga pagi sebelum sarapan

Pada dasarnya, tubuh menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak, dan memiliki mekanisme tersendiri untuk menyiapkan energi untuk beraktivitas, bahkan saat kita belum makan.

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan berolahraga sebelum sarapan aman untuk dilakukan. Salah satunya, penelitian oleh Gonzalez pada tahun 2013 lalu yang menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20 persen lemak tubuh lebih banyak.

Jika kita ingin mengurangi lemak tubuh, maka tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, energi yang dibakar juga cenderung lebih banyak karena diperoleh dari cadangan makanan dalam tubuh yang sudah siap digunakan.

Peneliti juga menjelaskan, berolahraga pagi sebelum sarapan tidak akan membuat kita ingin makan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari. Justru hal ini akan membuat sesi olahraga pagi lebih optimal.

Saat kita berolahraga sebelum makan, terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Dengan berolahraga sebelum sarapan, kita akan membantu tubuh untuk menyesuaikan produksi hormon insulin, sehingga setelah kita berolahraga dan mengonsumsi makanan, hormon insulin akan bekerja lebih sensitif dan membantu menyerap nutrisi dari makanan lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan liver.

Kinerja hormon pertumbuhan juga menjadi lebih baik saat kita berolahraga saat pagi hari dan belum mengonsumsi makanan. Hormon pertumbuhan membantu pembentukan jaringan otot, membakar lemak, dan meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik. Namun efek ini hanya akan optimal jika kita sudah mencukupi waktu tidur malam hari.

Baik olahraga dan sarapan adalah kegiatan yang dipengaruhi oleh kebiasaan, sehingga metode ini juga belum tentu sesuai dengan semua orang. Namun, jika Anda ingin mencoba olahraga, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Persiapkan diri Anda

Bangun pagi dipengaruhi oleh jam biologis dan waktu tidur, jadi jika Anda ingin berolahraga pagi, cukupilah kebutuhan waktu tidur malam sehingga tubuh siap untuk beraktivitas fisik saat pagi hari.

2. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan Anda – jenis olahraga yang dapat Anda lakukan bisa sesuai dengan keinginan atau yang biasanya Anda lakukan. Jika Anda baru memulai, cobalah dengan olahraga intensitas sedang seperti jalan pagi atau jogging.

3. Cukupilah kebutuhan air – minumlah sekitar setengah hingga satu liter air mineral atau minuman lainnya sebelum dan sesudah berolahraga. Disarankan bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan ini 2 atau 3 jam sebelum olahraga.

4. Berhenti bila lelah dan konsumsi makan kapanpun Anda suka – jika Anda merasa kelelahan dan merasa butuh makanan atau merasa lapar, berhentilah berolahraga untuk mencegah penurunan massa otot.

5. Cukupilah konsumsi nutrisi setelah berolahraga –hal ini perlu dilakukan dalam jangka waktu maksimal 45 menit setelah Anda berolahraga, baik jika Anda sudah sarapan maupun belum. Namun, jangan hanya konsumsi karbohidrat, karena konsumsi proteinlah yang harus diperbanyak.




#Olahraga #Sarapan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 34 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 10 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
12 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks