Apa yang Terjadi Jika Anda Berolahraga Pagi Sebelum Sarapan ?

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 14 Pebruari 2020 | 06:00 WIB



Wartakesehtan.com - Sarapan dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi setelah tubuh tidak mengonsumsi makanan selama tidur. Sedangkan untuk berolahraga, tubuh membutuhkan kalori untuk menghasilkan energi.

Dengan berolahraga setelah sarapan, tubuh akan memiliki kalori yang lebih untuk dibakar, namun tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan dengan sempurna sehingga langsung berolahraga tepat setelah makan juga tidak disarankan. Lalu bagaimanakah efeknya berolahraga pagi hari saat belum sarapan dan perut masih kosong?

Efek berolahraga pagi sebelum sarapan

Pada dasarnya, tubuh menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak, dan memiliki mekanisme tersendiri untuk menyiapkan energi untuk beraktivitas, bahkan saat kita belum makan.

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan berolahraga sebelum sarapan aman untuk dilakukan. Salah satunya, penelitian oleh Gonzalez pada tahun 2013 lalu yang menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20 persen lemak tubuh lebih banyak.

Jika kita ingin mengurangi lemak tubuh, maka tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, energi yang dibakar juga cenderung lebih banyak karena diperoleh dari cadangan makanan dalam tubuh yang sudah siap digunakan.

Peneliti juga menjelaskan, berolahraga pagi sebelum sarapan tidak akan membuat kita ingin makan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari. Justru hal ini akan membuat sesi olahraga pagi lebih optimal.

Saat kita berolahraga sebelum makan, terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Dengan berolahraga sebelum sarapan, kita akan membantu tubuh untuk menyesuaikan produksi hormon insulin, sehingga setelah kita berolahraga dan mengonsumsi makanan, hormon insulin akan bekerja lebih sensitif dan membantu menyerap nutrisi dari makanan lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan liver.

Kinerja hormon pertumbuhan juga menjadi lebih baik saat kita berolahraga saat pagi hari dan belum mengonsumsi makanan. Hormon pertumbuhan membantu pembentukan jaringan otot, membakar lemak, dan meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik. Namun efek ini hanya akan optimal jika kita sudah mencukupi waktu tidur malam hari.

Baik olahraga dan sarapan adalah kegiatan yang dipengaruhi oleh kebiasaan, sehingga metode ini juga belum tentu sesuai dengan semua orang. Namun, jika Anda ingin mencoba olahraga, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Persiapkan diri Anda

Bangun pagi dipengaruhi oleh jam biologis dan waktu tidur, jadi jika Anda ingin berolahraga pagi, cukupilah kebutuhan waktu tidur malam sehingga tubuh siap untuk beraktivitas fisik saat pagi hari.

2. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan Anda – jenis olahraga yang dapat Anda lakukan bisa sesuai dengan keinginan atau yang biasanya Anda lakukan. Jika Anda baru memulai, cobalah dengan olahraga intensitas sedang seperti jalan pagi atau jogging.

3. Cukupilah kebutuhan air – minumlah sekitar setengah hingga satu liter air mineral atau minuman lainnya sebelum dan sesudah berolahraga. Disarankan bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan ini 2 atau 3 jam sebelum olahraga.

4. Berhenti bila lelah dan konsumsi makan kapanpun Anda suka – jika Anda merasa kelelahan dan merasa butuh makanan atau merasa lapar, berhentilah berolahraga untuk mencegah penurunan massa otot.

5. Cukupilah konsumsi nutrisi setelah berolahraga –hal ini perlu dilakukan dalam jangka waktu maksimal 45 menit setelah Anda berolahraga, baik jika Anda sudah sarapan maupun belum. Namun, jangan hanya konsumsi karbohidrat, karena konsumsi proteinlah yang harus diperbanyak.




#Olahraga #Sarapan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 4 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks