Keluhan-keluhan Ibu Hamil di Usia Kehamilan Tua

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 14 Pebruari 2020 | 11:02 WIB



Wartakesehatan.com - Pada trimester ketiga atau umur kehamilan tua, ibu hamil akan mengalami perubahan fisik dan psikis. Secara fisik, perut akan semakin membesar sedangkan secara psikis ibu hamil akan mengalami kekhawatiran saat menjelang persalinan. Suami atau keluarga harus berperan aktif karena mampu menenangkan psikis ibu hamil. Ibu hamil juga harus diperiksa kesehatan lebih rutin untuk mempersiapkan fisik menjelang hari persalinan,

Berikut keluhan-keluhan Ibu hamil di usia kehamilan tua

Dehidrasi

Hal ini merupakan sinyal tubuh yang menandakan anda perlu minum banyak air untuk menjaga cairan tubuh. Kerap haus umum terjadi di trimester ketiga karena memang tubuh sangat membutuhkannya dalam kondisi kehamilan jelang kelahiran.

Sering mengalami pusing

Saat ibu hamil sudah beraktivitas cukup menyita waktu kemudian berdiri mendadak, dia mungkin akan mengalami perasaan akan pingsan atau pusing. Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk beristirahat duduk atau berbaring segera. Hal ini bisa saja disebabkan kadar gula darah yang rendah, konsumsi makanan-makanan yang bergizi dan hindari gerakan tiba-tiba ke posisi tegak untuk mengurangi risiko ini.

Lambung terasa nyeri dan panas

Pada trimester ketiga, ibu hamil akan mengalami nyeri lambung atau lambung panas yang lebih kerap terasa karena adanya tekanan ke atas dari perut dan rahim. Cobalah untuk menghindari posisi tidur yang salah, lakukan posisi tidur tegak lurus.

Konstipasi

Faktor ini disebabkan adanya pembesaran rahim dan janin, yang akan terus mendorong usus kearah samping. Salah satu yang dapat dilakukan ibu hamil adalah dengan banyak minum setidaknya delapan (250 ml) pergelas, 8 kali dalam sehari.

Merasa kesal, atau sedih tiba-tiba

Perubahan mood ini sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini menimbulkan perasan campur aduk dari seorang ibu hamil terhadap kehamilannya. Mulai dari perasaan senang, bahagia, sampai depresi ataupun marah.

Perubahan ini terjadi akibat adanya perubahan hormonal yang terjadi selama hamil. Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan penenang atau antidepresi pada saat hamil.

Sering buang air kecil

Ibu hamil di trimester ketiga menjadi kerap buang air kecil, dikarenakan berkebangnya rahim dan terjadi peningkatan tekanan pada kantung kemih. Jangan coba-coba untuk menahan kencing karena hanya akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih dan bahkan memicu kontraksi dini.

Perubahan buah dada

Terjadinya perubaan pada buah dada yang terus membesar, terjadi pada trimerter ketiga. Adapula beberapa ibu haml mengalami produksi ASI dini atau ASI bocor. Hal ini biasanya berkosistensi kental.

Nyeri pada organ genital

Kondisi di trimester ketiga juga dapat menyebabkan Ibu hamil mengalami nyeri di daerah organ genital. Hal ini merupakan sebuah kondisi akibat terjadinya tekanan pada serviks atau leher rahim.

Nyeri Punggung

Ibu hamil akan mengalami rasa sakit dan tekanan di daerah punggung. Kemungkinan besar hal ini disebabkan adanya pergeseran tulang punggung dan mengendurnya ligamen yang melekat pada tulang-tulang ibu hamil. Semakin tua usia kehamilan anda, semakin sering ibu hamil mengalami sensasi-sensasi pinggul ini.

Nyeri pada selangkangan

Saat ibu hamil batuk, bersin, tertawa atau berbalik, mengubah posisi, ibu hamil akan tiba-tiba merasakan sakit yang tajam . Hal ini disebabkan adanya suatu peregangan ligamen yang menempel antara rahim dan panggul. Cobalah untuk mengatur dan merubah posisi tubuh agar dapat meringankan rasa sakit ini.




#Hamil #Tua
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 36 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 10 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
12 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks