Masker Alami untuk Menghilangkan Komedo

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 14 Pebruari 2020 | 13:45 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Komedo merupakan salah satu masalah yang bisa dialami oleh siapa saja, terlebih pada wajah yang berminyak. Meski kecil, komedo cukup mengganggu penampilan dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

    Jika anda memiliki masalah ini, Anda tak perlu panik karena komedo sebenarnya dapat diatasi dengan mudah dan cepat. Anda bahkan tak perlu repot-repot ke salon karena dapat membuat masker sendiri di rumah. Bahan pembuatannya pun mudah didapatkan dengan harga murah.

    Berikut ini beberapa masker alami untuk menghilangkan komedo dan cara membuatnya:

    Telur

    Telur juga termasuk salah satu masker alami yang dapat menghilangkan komedo. Oleskan bagian putih telur mentah ke wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama sekitar 15 menit hingga wajah Anda terasa kencang, bersihkan dengan air hangat. Anda juga dapat membuat campuran telur dan madu untuk dijadikan masker. Tak hanya membersihkan pori, masker telur dapat membuat wajah Anda terasa lebih lembut.

    Teh hijau

    Teh hijau kaya memiliki kandungan vitamin dan antioksidan berlimpah yang sangat baik untuk kulit wajah. Seduh dua sendok makan teh hijau selama satu jam, diamkan hingga air seduhan menjadi hangat kuku. Oleskan air tersebut ke wajah Anda selama 10 menit hingga mengering. Basuh dengan air, keringkan, dan beri pelembab. Gunakan masker ini sehari sekali.

    Stroberi

    Stroberi kaya akan alpha hydroxyl acids (AHA) yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak alami wajah. Stroberi juga memiliki asam salisilat yang dapat membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Lembutkan 2 buah stroberi yang sudah matang, campur dengan madu dan sari lemon. Gunakan campuran tersebut ke wajah dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Bersihkan dengan air hangat kuku.

    Pori-pori yang tersumbat ini jika tidak segera diatasi dan dimasuki bakteri bisa menyebabkan jerawat. Kondisi ini dapat diperparah jika Anda mengalami stres dan perubahan hormon, merokok, malas membersihkan wajah, mengonsumsi alkohol maupun kafein.

    Lemon

    Sari lemon mengandung banyak vitamin C yang baik digunakan dalam perawatan jerawat dan komedo. Namun karena kandungannya yang cukup asam, gunakan sedikit saja untuk menghindari kulit iritasi. Buatlah scrub dari sari lemon, garam, yogurt, dan madu. Pijatkan ke area bermasalah secara perlahan seperti saat Anda melakukan exfoliating. Sari lemon segar pun dapat digunakan sebagai cleanser bersama susu dan air mawar.

    Madu

    Madu sangat baik digunakan untuk merawat wajah berminyak dan berkomedo. Madu dapat melembabkan kulit sekaligus mengencangkan pori-pori sehingga komedo tak mudah kembali. Gunakan madu murni sebagai masker dan biarkan selama 10 menit, bersihkan dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan madu sebagai scrub dengan cara mencampurnya dengan gula.

    Kunyit

    Kunyit mengandung senyawa anti peradangan yang baik digunakan untuk menghilangkan komedo. Campurkan bubuk kunyit dengan 2 sendok makan sari daun mint, gunakan di bagian yang terdapat banyak komedo. Biarkan mengering selama beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat kuku.

    Tomat

    Kandungan antiseptik pada tomat dapat membantu mengatasi komedo dan membersihkan pori. Iris dan lembutkan tomat, gunakan pada bagian wajah yang berkomedo sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan harinya dengan air bersih.




    #Masker #Komedo
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

      Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

      Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

      Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
      Herbal - 3 minggu yang lalu

      Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

      Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
      Herbal - 3 minggu yang lalu

      Cegah Virus dengan Herbal

      Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
      Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

      Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

      Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
      Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

      Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

      Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

      Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

      Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

      +Indeks