Kanker Ini Dapat Menyebar Melalui Hubungan Seks !

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 14 Pebruari 2020 | 14:31 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Saat ini mungkin yang kita tahu kanker terjadi lewat mutasi sel-sel kanker yang dipicu oleh beragam pola hidup tak sehat atau faktor keturunan. Namun pada sebuah penelitian yang dilansir dari laman boldsky.com ditemukan bahwa kanker ternyata juga dapat menyebar lewat hubungan seksual.

    Dijelaskan bahwa penyebaran sel kanker ini disebabkan dipicu oleh penularan HPV atau Human Papillomavirus saat berhubungan seksual dan meningkatkan risiko munculnya beberapa jenis kanker berikut ini

    Kanker serviks

    HPV juga mampu menyebabkan munculnya kanker serviks. Dan sayangnya kanker ini tak menunjukkan gejala yang mudah dilihat sejak awal.

    Kanker penis

    HPV yang ditularkan melalui hubungan seks bisa menyebabkan kanker penis pada pria. Beberapa gejalanya adalah kemerahan, nyeri, munculnya benjolan, serta pendarahan di penis.

    Kanker vagina

    Ketika sel-sel ganas terbentuk di area reproduksi wanita, maka bisa menyebabkan kanker vagina. Dan adanya HPV semakin meningkatkan risiko munculnya jenis kanker ini.

    Kanker anus

    Beberapa jenis kanker anal yang terjadi terkait dengan HPV. Nyeri di anus, pendarahan, hingga sulit BAB bisa menjadi tanda awal dari kanker anal. 

    Kanker mulut

    Beberapa jenis kanker mulut juga bisa terjadi melalui hubungan seksual, apalagi jika kamu melakukan seks oral secara tidak aman. Kanker mulut bisa ditunjukkan lewat kesulitan saat menelan, sariawan terus-menerus, penurunan berat badan secara tiba-tiba, serta sakit tenggorokan. Jika terdiagnosis, maka radiasi, operasi, atau kemoterapi bisa dilakukan untuk mengobati kanker ini.



    Selain melakukan hubungan seks secara aman dan tidak berganti-ganti pasangan, cara terbaik untuk mencegah kanker di atas adalah dengan vaksin HPV.




    #Kanker #Berhubungan
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

      Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

      Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

      Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
      Herbal - 3 minggu yang lalu

      Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

      Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
      Herbal - 3 minggu yang lalu

      Cegah Virus dengan Herbal

      Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
      Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

      Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

      Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
      Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

      Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

      Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

      Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

      Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

      +Indeks