Menjaga Kebersihan Tubuh Agar Tetap Sehat

Oleh : Kiven Timisela | Jumat, 14 Pebruari 2020 | 14:45 WIB



Wartakesehatan.com-Untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, menjaga pola makan dan rutin berolahraga saja tidak cukup, Anda juga perlu menjaga kebersihan diri. Merawat kebersihan tubuh dengan baik dapat membantu Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, salah satu langkah penting yang perlu Anda lakukan adalah mandi secara rutin,setidaknya dua kali sehari. Mandi secara rutin tidak hanya mencegah masalah bau badan, tetapi juga dapat mengangkat sel kulit mati, keringat, dan kotoran yang menempel di tubuh.

Langkah Penerapan Gaya Hidup Bersih dan Sehat

Untuk menjaga kebersihan diri dan kesehatan, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mandi secara rutin

Seperti telah disebutkan sebelumnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mandi secara rutin setidaknya dua kali sehari. Setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga, Anda juga disarankan untuk mandi. Hal ini agar keringat dan kotoran yang menempel di tubuh terangkat.

2. Sikat gigi secara teratur

Sama halnya dengan mandi, Anda juga disarankan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Kebiasaan ini dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Dengan begitu, risiko terjadinya kerusakann gigi dan penyakit gusi pun dapat diminimalkan.

Selain kebiasaan menyikat gigi secara rutin, disarankan pula untuk menggunakan benang gigi. Penggunaan benang gigi bermanfaat dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi yang tidak tergapai oleh bulu sikat gigi.

3. Potong kuku dengan rutin

Untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, Anda juga harus menjaga kebersihan kuku dengan baik. Hal ini karena kuku yang panjang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan kotoran yang bisa menjadi sumber penyakit.

Caranya mudah, yaitu dengan memotong kuku tangan dan kaki secara rutin,terutama saat kuku telah panjang. Waktu yang disarankan untuk memotong kuku adalah setelah mandi.

4. Cuci tangan

Mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah batuk, setelah mengganti popok, atau setelah membersihkan sampah perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Memilih Produk Pembersih Tubuh yang Tepat

Menerapkan gaya hidup bersih dan sehat saja tidak cukup, karena Anda juga harus teliti dalam memilih produk pembersih tubuh. Beberapa produk pembersih tubuh, seperti sabun, mengandung bahan kimia tertentu yang mungkin bisa memicu iritasi kulit.

Untuk menghindari risiko iritasi kulit, disarankan untuk menggunakan sabun berbahan alami. Misalnya, sabun yang mengandung shiso merah. Selain sebagai bahan kuliner, daun shiso merah juga telah digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di Jepang dan Tiongkok, sejak dulu kala.

Seiring perkembangan zaman, daun shiso merah terus diteliti, hingga diketahui memiliki manfaat sebagai bahan antibakteri alami, yang mampu membantu menghambat perkembangan bakteri di kulit.

Sabun dengan kandungan alami dari daun shiso merah juga memiliki fungsi antioksidan yang mampu menangkal dampak radikal bebas pada kulit, serta antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit, akibat alergi maupun iritasi. Ditambah lagi, kandungan ceramide dalam shiso merah, juga berperan dalam menjaga kelembapan kulit.

Selain shiso merah, kandungan lain pada sabun yang juga direkomendasikan adalah sulfur, ginseng, dan garam laut. Ketiga bahan ini diyakini juga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Nah, jika Anda sudah memilih sabun yang tepat, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan pasta gigi dan sikat gigi. Anda harus memastikan bahwa pasta gigi yang digunakan mengandung fluoride karena dapat membantu mencegah gigi berlubang. Untuk sikat gigi, pastikan Anda menggunakan bulu sikat yang lembut, sehingga tidak mengiritasi gigi dan gusi saat digunakan.

Selain menjaga kebersihan diri, Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah,agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Bersihkan rumah secara menyeluruh, karena banyak area di dalam rumah yang dapat menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit, misalnya dapur dan kamar mandi.

Jangan lupa, terapkan juga pola hidup sehat,mulai dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat dengan cukup, minum air putih yang cukup, hingga mengelola stres dengan baik.

 




#Kebersihan #Kesehataan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 40 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 10 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
12 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks