Kebersihan Tubuh Sangat Penting Agar Tetap Sehat

Oleh : Kiven Timisela | Kamis, 05 Maret 2020 | 21:47 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com-Untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, menjaga pola makan dan rutin berolahraga saja tidak cukup, Anda juga perlu menjaga kebersihan diri. Merawat kebersihan tubuh dengan baik dapat membantu Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

    Untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, salah satu langkah penting yang perlu Anda lakukan adalah mandi secara rutin,setidaknya dua kali sehari. Mandi secara rutin tidak hanya mencegah masalah bau badan, tetapi juga dapat mengangkat sel kulit mati, keringat, dan kotoran yang menempel di tubuh.

    Langkah Penerapan Gaya Hidup Bersih dan Sehat

    Untuk menjaga kebersihan diri dan kesehatan, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

    1. Mandi secara rutin

    Seperti telah disebutkan sebelumnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mandi secara rutin setidaknya dua kali sehari. Setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga, Anda juga disarankan untuk mandi. Hal ini agar keringat dan kotoran yang menempel di tubuh terangkat.

    2. Sikat gigi secara teratur

    Sama halnya dengan mandi, Anda juga disarankan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Kebiasaan ini dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Dengan begitu, risiko terjadinya kerusakann gigi dan penyakit gusi pun dapat diminimalkan.

    Selain kebiasaan menyikat gigi secara rutin, disarankan pula untuk menggunakan benang gigi. Penggunaan benang gigi bermanfaat dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi yang tidak tergapai oleh bulu sikat gigi.

    3. Potong kuku dengan rutin

    Untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, Anda juga harus menjaga kebersihan kuku dengan baik. Hal ini karena kuku yang panjang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan kotoran yang bisa menjadi sumber penyakit.

    Caranya mudah, yaitu dengan memotong kuku tangan dan kaki secara rutin,terutama saat kuku telah panjang. Waktu yang disarankan untuk memotong kuku adalah setelah mandi.

    4. Cuci tangan

    Mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah batuk, setelah mengganti popok, atau setelah membersihkan sampah perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

    Memilih Produk Pembersih Tubuh yang Tepat

    Menerapkan gaya hidup bersih dan sehat saja tidak cukup, karena Anda juga harus teliti dalam memilih produk pembersih tubuh. Beberapa produk pembersih tubuh, seperti sabun, mengandung bahan kimia tertentu yang mungkin bisa memicu iritasi kulit.

    Untuk menghindari risiko iritasi kulit, disarankan untuk menggunakan sabun berbahan alami. Misalnya, sabun yang mengandung shiso merah. Selain sebagai bahan kuliner, daun shiso merah juga telah digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di Jepang dan Tiongkok, sejak dulu kala.

    Seiring perkembangan zaman, daun shiso merah terus diteliti, hingga diketahui memiliki manfaat sebagai bahan antibakteri alami, yang mampu membantu menghambat perkembangan bakteri di kulit.

    Sabun dengan kandungan alami dari daun shiso merah juga memiliki fungsi antioksidan yang mampu menangkal dampak radikal bebas pada kulit, serta antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit, akibat alergi maupun iritasi. Ditambah lagi, kandungan ceramide dalam shiso merah, juga berperan dalam menjaga kelembapan kulit.

    Selain shiso merah, kandungan lain pada sabun yang juga direkomendasikan adalah sulfur, ginseng, dan garam laut. Ketiga bahan ini diyakini juga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

    Nah, jika Anda sudah memilih sabun yang tepat, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan pasta gigi dan sikat gigi. Anda harus memastikan bahwa pasta gigi yang digunakan mengandung fluoride karena dapat membantu mencegah gigi berlubang. Untuk sikat gigi, pastikan Anda menggunakan bulu sikat yang lembut, sehingga tidak mengiritasi gigi dan gusi saat digunakan.

    Selain menjaga kebersihan diri, Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah,agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Bersihkan rumah secara menyeluruh, karena banyak area di dalam rumah yang dapat menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit, misalnya dapur dan kamar mandi.

    Jangan lupa, terapkan juga pola hidup sehat,mulai dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat dengan cukup, minum air putih yang cukup, hingga mengelola stres dengan baik.

     




    #Kesehataan #Kebersihan
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

       Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
      Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

      Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

      Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

      Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

        Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
      Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

      Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

      Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

      Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

      Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
      Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

      New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

      JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
      Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

      Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

      JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

      +Indeks