4 Benda Ini Tempat Bersarangnya Kuman Yang Tidak Kita Ketahui

Oleh : Kiven Timisela | Kamis, 05 Maret 2020 | 21:15 WIB



Wartakesehatan.com-Rumah yang tampak kotor sering dianggap sarang kuman. Namun, sebenarnya rumah yang terlihat bersih belum tentu benar-benar bersih jika proses pembersihan rumah dari kuman tidak dilakukan dengan semestinya.

Keberadaan kuman di rumah memang sulit dihindari. Beberapa jenis bakteri bahkan dapat berkembang sangat cepat hanya dalam hitungan menit. Meski sistem kekebalan atau imunitas akan membantu tubuh melawan kuman, tapi sebagian kuman termasuk bakteri dan virus dapat memicu gangguan kesehatan, seperti penyakit infeksi

Beda Lokasi, Beda pula Cara Membersihkannya

Cara membersihkan tiap peralatan rumah tangga dan memelihara sanitasi di rumah tentu berbeda-beda. Berikut berbagai cara membersihkan rumah dari kuman sesuai dengan jenis bendanya:

  • Saklar lampu dan pegangan pintu
    Saklar lampu dan pegangan pintu merupakan benda-benda yang paling sering disentuh, namun kerap terlupa untuk dibersihkan. Untuk menjaga kebersihannya, lap menggunakan tisu disinfektan satu kali seminggu. Ambil tisu yang baru untuk tiap saklar lampu atau gagang pintu untuk mencegah perpindahan kuman.
  • Bak cuci piring
    Bak cuci piring merupakan salah satu pusat kuman di rumah, beserta peralatan dapur lainnya, seperti lap atau spons. Namun tidak perlu khawatir, ada cara mudah membersihkannya. Setiap kali selesai memasak,bersihkan peralatan memasak dari sisa-sisa makanan. Kemudian, rendam bak cuci piring dengan air dan sabun, atau cairan antibakteri yang ditambahkan zat pemutih (bleaching agent). Biarkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan air.
  • Bak mandi (bathtub)
    Berbagai kuman dan virus pada tubuh akan luruh dan terbawa air saat Anda berendam di bak mandi atau di bawah pancuran air. Hanya saja, tidak semua kuman terbawa hingga saluran pembuangan. Sebagian kuman ada yang tetap menempel di lantai dan dinding kamar mandi, terutama di permukaan yang lembap.   Untuk membersihkan rumah dari kuman, Anda dapat menggunakan pembersih disinfektan pada lantai kamar mandi dan seluruh permukaan bak mandi atau di sekitar pancuran air. Lalu, bilas dengan air dan keringkan menggunakan lap kain. Lakukan tiap seminggu sekali. Untuk membersihkan area sekitar keran, Anda dapat menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai.
  • Mesin cuci
    Jangan sampai baju yang dicuci dibiarkan terlalu lama di dalam mesin cuci. Hal tersebut bisa membuat kuman berkembang biak. Segera pindahkan baju yang sudah dicuci ke tempat pengering. Bila dibiarkan lebih dari 30 menit, sebaiknya cuci lagi baju tersebut.  Setelah digunakan, jangan lupa membersihkan tabung mesin cuci menggunakan produk disinfektan. Demikian juga dengan permukaan meja atau lemari yang digunakan untuk menaruh baju bersih.

Pada prinsipnya,membersihkan rumah dari kuman tidaklah sulit. Untuk sebagian besar lokasi, cukup gunakan air dan sabun. Namun, beberapa bagian tertentu butuh dibersihkan dengan cairan pembersih yang lebih kuat, atau dengan bahan disinfektan untuk menghilangkan kuman.

Biasakan untuk membersihkan rumah dari kuman secara teratur dan menyeluruh. Yang tidak kalah penting, biasakan mencuci tangan,terutama setelah membersihkan rumah, untuk mencegah perpindahan kuman.

.




#Kesehatan #Saklar lampu #Bak Cuci
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
3 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 6 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks