Mandi Setelah Berolahraga,Amankah?

Oleh : Kiven Timisela | Jumat, 14 Pebruari 2020 | 16:15 WIB



Wartakesehatan.com-Ada anggapan umum dalam masyarakat bahwa tidak boleh mandi saat berkeringat. Padahal justru saat berkeringat, sering timbul keinginan untuk mandi, terutama setelah berolahraga.

Berkeringat saat olahraga merupakan hal yang normal. Keluarnya keringat dari tubuh merupakan proses pendinginan tubuh untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil. Mandi setelah berolahraga sebenarnya penting dilakukan untuk membersihkan tubuh. Tapi, amankah mandi saat berkeringat?

Mandi saat Berkeringat Setelah Berolahraga

Mandi saat berkeringat setelah berolahraga merupakan hal yang aman untuk dilakukan, dan justru dianjurkan. Alasannya, kondisi kulit yang lembap akibat keringat akan mempermudah perkembangan jamur dan bakteri di kulit, selain juga membuat kulit lebih rentan mengalami iritasi. Dengan mandi, kotoran, minyak, dan kuman yang menempel di kulit setelah berolahraga akan terangkat.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk segera mandi setelah berolahraga dan berkeringat. Jika kamu tidak sempat mandi, setidaknya usahakan untuk segera mengganti baju yang basah oleh keringat dengan baju yang bersih dan kering. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko kulit mengalami iritasi dan infeksi.

Bagi kamu yang aktif berolahraga, mungkin ada ketakutan untuk mandi terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit kering.Jangan khawatir, ada tips mandi setelah berolahraga yang dapat menjaga kelembapan kulitmu.

Tips Mandi Setelah Berolahraga

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan pada saat mandi setelah berolahraga:

1. Mandi dengan air hangat atau air dingin

Setelah berolahraga kamu bisa membersihkan diri dengan mandi dengan air hangat atau air dingin. Cara ini juga bermanfaat untuk mencegah nyeri otot setelah olahraga. Namun ingat, hindari mandi dengan air yang terlalu panas, karena dapat membuat kulit menjadi kering dan atal,sehingga lebih mudah meradang.

 2.  Gunakan sabun antibakteri

Saat mandi, kamu bisa menggunakan sabun antibakteri untuk mencegah iritasi kulit dan tumbuhnya bakteri penyebab bau badan. Namun, jangan terlalu banyak ya. Penggunaan sabun antibakteri dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuat kulit menjadi kering.

3. Batasi durasi mandi

Mandi yang terlalu lama akan membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya, sehingga kulit menjadi kering. Jadi, batasi waktu mandi, maksimal 5-10 menit saja ya.

4. Gunakan pelembap setelah mandi

Setelah mandi, kamu bisa mengeringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit dengan handuk.Hal ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pelembap ke seluruh tubuh. Menggunakan pelembap setelah mandi bermanfaat untuk mencegah kulit kering.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menjaga kebersihan tubuh saat berkeringat setelah berolahraga, sekaligus tetap menjaga kelembapan kulit. Mandi saat berkeringat aman untuk dilakukan.




#Kesehatan #Mandi #Berolahraga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 17 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 9 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
11 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks