Mandi Setelah Berolahraga,Amankah?

Oleh : Kiven Timisela | Kamis, 05 Maret 2020 | 22:45 WIB



Wartakesehatan.com-Ada anggapan umum dalam masyarakat bahwa tidak boleh mandi saat berkeringat. Padahal justru saat berkeringat, sering timbul keinginan untuk mandi, terutama setelah berolahraga.

Berkeringat saat olahraga merupakan hal yang normal. Keluarnya keringat dari tubuh merupakan proses pendinginan tubuh untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil. Mandi setelah berolahraga sebenarnya penting dilakukan untuk membersihkan tubuh. Tapi, amankah mandi saat berkeringat?

Mandi saat Berkeringat Setelah Berolahraga

Mandi saat berkeringat setelah berolahraga merupakan hal yang aman untuk dilakukan, dan justru dianjurkan. Alasannya, kondisi kulit yang lembap akibat keringat akan mempermudah perkembangan jamur dan bakteri di kulit, selain juga membuat kulit lebih rentan mengalami iritasi. Dengan mandi, kotoran, minyak, dan kuman yang menempel di kulit setelah berolahraga akan terangkat.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk segera mandi setelah berolahraga dan berkeringat. Jika kamu tidak sempat mandi, setidaknya usahakan untuk segera mengganti baju yang basah oleh keringat dengan baju yang bersih dan kering. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko kulit mengalami iritasi dan infeksi.

Bagi kamu yang aktif berolahraga, mungkin ada ketakutan untuk mandi terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit kering.Jangan khawatir, ada tips mandi setelah berolahraga yang dapat menjaga kelembapan kulitmu.

Tips Mandi Setelah Berolahraga

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan pada saat mandi setelah berolahraga:

1. Mandi dengan air hangat atau air dingin

Setelah berolahraga kamu bisa membersihkan diri dengan mandi dengan air hangat atau air dingin. Cara ini juga bermanfaat untuk mencegah nyeri otot setelah olahraga. Namun ingat, hindari mandi dengan air yang terlalu panas, karena dapat membuat kulit menjadi kering dan atal,sehingga lebih mudah meradang.

 2.  Gunakan sabun antibakteri

Saat mandi, kamu bisa menggunakan sabun antibakteri untuk mencegah iritasi kulit dan tumbuhnya bakteri penyebab bau badan. Namun, jangan terlalu banyak ya. Penggunaan sabun antibakteri dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuat kulit menjadi kering.

3. Batasi durasi mandi

Mandi yang terlalu lama akan membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya, sehingga kulit menjadi kering. Jadi, batasi waktu mandi, maksimal 5-10 menit saja ya.

4. Gunakan pelembap setelah mandi

Setelah mandi, kamu bisa mengeringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit dengan handuk.Hal ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pelembap ke seluruh tubuh. Menggunakan pelembap setelah mandi bermanfaat untuk mencegah kulit kering.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menjaga kebersihan tubuh saat berkeringat setelah berolahraga, sekaligus tetap menjaga kelembapan kulit. Mandi saat berkeringat aman untuk dilakukan.




#Kesehatan #Mandi #Berolahraga
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks