Mulailah Menghindari Kebiasaan Menggigit Bibir

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 15 Pebruari 2020 | 07:07 WIB



Wartakesehatan - Banyak kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering dilakukan sehari-hari tanpa disadari, salah satunya seperti menggigit bibir. Mungkin ada beberapa faktor penyebab terjadinya kebiasaan seperti itu, entah karena cemas, terbiasa, atau karena bibirnya kering dan pecah-pecah kemudian malah digigiti. Namun apapun sebabnya, sebaiknya mulailah menghindari kebiasaan menggigit bibir. Karena gigitan yang mengenai kelenjar air liur bisa memicu kista yang berwujud benjolan kecil berisi air.

Benjolan yang muncul pada kelenjar air liur minor disebut sebagai mucocele, sedangkan yang terjadi pada kelenjar mayor disebut ranula. Mucocele bisa terjadi di bibir bawah, lidah, maupun pipi. Sedangkan ranula lebih sering ditemukan di dasar mulut, tepat di bawah lidah.

Mucocele biasanya berukuran antara 2-10 milimeter. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya meski pada beberapa kasus benjolan juga bisa semakin besar. Jika membesar, dokter bedah mulut harus mengambil kelenjar yang rusak dengan scalpel maupun dengan sinar laser.

Para ranula, benjolan yang tidak tertangani bisa menembus otot sehingga tampak dari luar yakni di bawah rahang. Kondisi ini disebut sebagai 'deep ranula' atau 'plunging ranula'. Pada kondisi tersebut, dokter perlu melakukan operasi yang lebih rumit.

Penyebab munculnya benjolan baik mucocele maupun ranula adalah trauma dan sumbatan batu. Trauma karena kebiasaan menggigit bibir termasuk salah satu penyebabnya. Sedangkan sumbatan batu terbentuk akibat dekalsifikasi atau penumpukan mineral kalsium dari air liur.

"Yang jelas jangan berusaha mengatasinya sendiri, misalnya menusuknya dengan jarum. Salah-salah nanti malah jadi infeksi," kata drg Pruput Dwi Mutiari, SpBM dari RSIA Grand Family, Jakarta Utara, Jumat (22/1/2016).




#Bibir #Gigit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 9 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
11 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks