Find us on:

Jamblang Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menguatkan Tulang

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 15 Pebruari 2020 | 08:31 WIB



BACA JUGA :

    wartakesehatan.com - Syzygium cumini adalah nama ilmiah dari buah duwet atau jamblang. Jamblang adalah buah asli dari Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Kira-kira apa ya khasiatnya bagi kesehatan? Berikut adalah hasil rangkuman dari WebMD tentang khasiat buah jamblang bagi tubuh. 

    Meningkatkan kekebalan tubuh dan menguatkan tulang

    Buah ini juga memiliki banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C, yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

    Membantu meningkatkan hemoglobin

    Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Annamalai, buah yang kaya akan vitamin C dan zat besi ini dapat membantu meningkatkan hemoglobin dan mengobati anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan kekurangan vitamin C.

    Mencegah penyakit jantung

    Jamblang sarat akan nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins yang membuatnya memiliki sifat anti-inflamasi. Buah ini juga mengandung antioksidan yang kuat, yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan plak formasi yang berkontribusi terhadap peningkatkan risiko penyakit jantung.

    Selain itu, buah ini juga merupakan sumber kalium (100 gram buah jamblang mengandung 55 mg kalium) yang dapat membantu mencegah hipertensi, faktor risiko untuk penyakit jantung.

    Mencegah kanker

    Beberapa studi telah menyelidiki sifat chemoprotective dari jamblang. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Jagetia GC dan rekannya, ekstrak dari buah jamblang memiliki sifat radioprotective, yang menunjukkan bahwa ekstrak jamblang mampu menghambat radiasi yang disebabkan generasi radikal bebas yang dapat memicu kanker.

    Obat diabetes

    Jamblang juga sering digunakan untuk mengobati diabetes. Buah ini memiliki indeks glikemik rendah, yang membuatnya jadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Complement Ther Med tentang efek anti-diabetes dari buah jamblang, menunjukkan bahwa buah ini memiliki potensi yang signifikan untuk pengobatan diabetes.

    Studi lain menunjukkan bahwa benih jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30 persen. Buah ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko komplikasi sekunder diabetes.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks