Cara Rahasia Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 15 Pebruari 2020 | 09:00 WIB



Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal yang merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh Anda.

Dilansir Cleveland Clinic, ada tujuh cara rahasia untuk menjaga ginjal tetap sehat seperti berikut ini.

1. Minum cukup air

Menurut nephrologist James Simon, berlawanan dengan kepercayaan banyak orang, tidak ada penelitian yang membuktikan banyak minum air bisa meningkatkan fungsi ginjal. Sehingga, cukupi kebutuhan minum air putih Anda, jangan juga terlalu berlebihan.

2. Makan makanan yang sehat

Ginjal Anda dapat "mengerti" berbagai metode diet. Tapi, Dr. Simon mengatakan bahwa kebanyakan besar masalah ginjal muncul dari kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karenanya, ia menyarankan Anda mengikuti kebiasaan makan yang sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah.Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi bisa tetap menjaga ginjal dalam kondisi sehat.

3. Olahraga teratur

Olahraga adalah ide yang baik karena seperti kebiasaan makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah darah tinggi dan kenaikan berat badan. Tapi, hati-hati jangan berlebihan olahraga karena ada beberapa olahraga yang tidak cocok dilakukan dalam beberapa kondisi.

Terlalu banyak olahraga saat kondisi badan tidak sehat bisa membebani ginjal terutama jika Anda olahraga terlalu banyak yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot.

4. Hati-hati menggunakan suplemen dan obat herbal

Terlalu berlebihan konsumsi suplemen vitamin dan beberapa jenis obat herbal bisa membahayakan ginjal Anda. Cobalah bicarakan dengan dokter Anda terkait vitamin atau herbal yang tepat.

5. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah yang bisa mengurangi aliran darah di ginjal. Saat ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, mereka tidak dapat berfungsi optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal.

6. Jangan minum obat berlebih

Obat-obatan tanpa resep seperti ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Jika Anda memiliki ginjal yang sehat dan minum obat-obatan jenis tersebut dalam waktu singkat, itu tidak menimbulkan risiko.

Tapi, jika Anda mengonsumsinya untuk mengatasi nyeri kronis atau radang sendi, sebaiknya minta dokter untuk mengecek fungsi ginjal atau cari alternatif lain untuk mengatasinya.

7. Rajin memeriksa fungsi ginjal

Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau darah tinggi, dokter Anda akan rutin memeriksa fungsi ginjal sebagai cara rutin untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal.

Seringkali, ginjal terpengaruh oleh kondisi medis lainnya. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan merawat tubuh Anda. Sehingga, Anda pun bisa mengurangi kesempatan atau risiko terkena penyakit ginjal.

Dr. Simon mengatakan, makan sehat, olahraga teratur dan mengontrol berat badan Anda adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun, pada intinya ginjal yang sehat seperti tubuh yang sehat




#Sehat #Ginjal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 9 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
11 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks