Waspadai Ikan ini Sangat Beracun !

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 15 Pebruari 2020 | 12:30 WIB



Wartakesehatan.com – Bagi penyuka produk olahan dari dunia perikanan, perlu memahami dan mewaspadai produk perikanan yang ternyata terdapat berbagai macam racun alami dalam produk perikanan yang umum ditemui.

Menurut sumber dari BPOM, ada racun bernama Ciguatoksin yang berasal dari donoflagelata, mikroorganisme laut yang menempel dan tumbuh pada kerang mati. Ciguatoksin bersifat akumulatif dan konsentrasinya paling tinggi pada ikan karnivora yang memakan ikan herbivore yang telah memakan dinoflagelata.

Ciguatoksin umumnya terakumulasi pada organ dalam, kepala dan sisik ikan. Ciguatoksin bisa terdapat pada hewan herbivore dan karnivora.

Ikan yang hidup di sekitar karang cenderung mengandung ciguatoksin dibandingkan dengan ikan lain. Ikan yang umumnya mengandung ciguatoksin antara lain : Potato Grouper Tiger Grouper, High Fin Grouper, Humpt Head Wrasse, Flowery Grouper dan Leopard Coral Grouper. Ikan tersebut masuk dalam jenis-jenis ikan kerapu.

Selain ciguatoksin, keracunan yang dinamakan scomboid. Di mana racun ini dapat disebabkan karena suhu penyimpanan ikan yang tidak tepat. Penyimpanan pada suhu yang tidak tepat menyebabkan pembentukan histamin yang umumnya ditemui pada ikan tuna, mackerel dan sarden.

Pada produk ikan berupa kerangpun ada racun alami yang timbul. Racun alami kekerangan terdapat pada mikroorganisme laut khususnya dinoflagelata dan terakumulasi di tubuh kerang.

Semakin banyak dinoflagelata beracun yang dimakan, semakin tinggi konsentrasi racun alami. Racun alami biasanya terakumulasi di system pencernaan kekerangan.

Kekerangan yang dapat menyebabkan keracunan antara lain, Tiram, Remis, Kupang, Kerang dan kerang kecil.




#Ikan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 7 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 9 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
11 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks