Jangan Konsumsi Sayur BAyam Terlalu Banyak

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 15 Pebruari 2020 | 13:00 WIB



Wartakesehatan.com - Mengkonsumsi sayuran ada baiknya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tak ada yang menyangkal manfaat kandungan nutrisi dalam sayur bayam bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, apabila dalam jangka waktu panjang Anda mengonsumsinya setiap hari, akan ada dampak negatif dan keburukan yang terjadi pada tubuh dan kesehatan Anda lho.

Kandungan zat besinya mampu menghindarkan tubuh dari anemia. Seratnya baik bagi pencernaan, serta vitamin lain juga dibutuhkan oleh tubuh. Di sisi lain, apabila sayur bayam tersebut dikonsumsi terlalu banyak dan sering, maka akan terjadi hal berikut ini:

Diare

Dilansir laman thehealthsite.com, serat bayam yang dikonsumsi setiap hari malah akan memicu diare. Sistem pencernaan bisa terganggu akibatnya.

Kembung

Perut kembung akibat banyak gas yang diproduksi saat mencerna serat sayur berhijau daun tersebut. Alhasil, Anda akan merasa tak nyaman melakukan aktifitas.

Batu ginjal

Terdapat zat bernama asam oksalat dalam bayam yang jumlahnya cukup tinggi. Ada juga zat bernama purin, yang jika diakumulasi dalam tubuh dapat menimbulkan asam urat, serta apabila mengendap di ginjal akan menjadi batu ginjal.

Asam urat

Konsumsi terlalu sering pun memicu asam urat, yang menimbulkan rasa nyeri di sendi serta peradangan. Alhasil Anda akan sulit bergerak sebab sendi tubuh sakit.

Menghambat penyerapan mineral

Tubuh membutuhkan mineral setiap harinya, dan itu biasanya diambil dari makanan yang dikonsumsi. Akan tetapi asam oksalat pada bayam yang dalam jumlah besar menghambat penyerapan mineral semisal kalsium dan zat besi.

Membatasi asupan bayam agar tidak terjadi efek buruk di atas, memberi kesempatan pada Anda untuk memilih sayuran lain sebagai selingan menu setiap hari. 

 




#Bayam
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 menit yang lalu

Bekerja Berlebihan Meningkatkan Resiko Diabetes

Wartakesehatan.com - Bekerja memang sebuah keharusan bagi setiap individu yang hidup didunia ini. Pasalnya dengan..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Santan Menurunkan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Wartakesehatan - Selain fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata santan juga memiliki manfaat yang baik untuk..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Kanker Kulit Penyakit yang Begitu Menkhawatirkan

Wartakesehatan.com - Kanker kulit kini menjadi salah satu penyakit yang begitu dikhawatirkan, terutama di musim kemarau..
Herbal - 9 jam yang lalu

4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala...
Herbal - 9 jam yang lalu

Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari..
Herbal - 10 jam yang lalu

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Wartakesehatan.com-Natrium klorida secara alami bersifat osmosis yang bekerja menyerap cairan dalam jaringan atau sel. Bagian..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Buah Trengguli Mengobati Penyakit Kecing Batu

Wartakesehatan.com - Trengguli merupakan pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah dan indah.Karena bentuk tajuk..
11 jam yang lalu

Melawan Radikal Bebas Dengan Antioksidan

Wartakesehatan.com-Sumber radikal bebas dari luar tubuh yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, asap kendaraan,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

3 Pilihan Menu Makan sehat Untuk Ke Kantor

Wartakesehatan.com-Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja? Waktunya bawa bekalmu sendiri. Selain ramah di..

+Indeks