MakMin Yang Perlu Dihindari untuk Disantap Tengah Malam

Oleh : nurul kinanti | Minggu, 16 Pebruari 2020 | 09:00 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan - Makan di malam hari sesaat sebelum tidur adalah cara mudah untuk menaikkan berat badan dan mendapatkan tidur tak nyenyak. Selain itu, kebiasaan makan sebelum tidur juga dapat merusak jaringan di tenggorokan dan kerongkongan Anda.

    Anda mungkin mengenal asam lambung atau acid reflux, tapi Anda mungkin belum tahu ada juga yang disebut refluks diam yang rasanya tidak seperti saat asam lambung naik yakni sensasi terbakar pada dada atau tenggorokan.

    Penderita silent reflux ini biasanya akan mengalami sakit tenggorokan, batuk kronis dan kesulitan menelan. Kondisi ini memang lebih sering tanpa gejala.

    Namun, menurut aryngologist Jamie Koufman, salah satu faktor risiko terbesar terkena silent reflux adalah makan malam. Ia pun merekomendasikan untuk Anda makan malam tidak lebih dari tiga jam sebelum tidur. Tetapi, Anda harus tetap menghindari makan camilan di tengah malam karena bisa menimbulkan efek yang sama.

    Dilansir Women's Health Mag, ada delapan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk disantap tengah malam.

    Keju

    Jika Anda sangat ingin mengonsumsi makanan berlemak ini sebelum tidur, pilihlah keju jenis parmesan atau Swis yang memiliki efek refluks lebih rendah dibanding keju bertekstur lembut seperti feta dan mozarella. Itu berarti Anda sebaiknya tidak memesan pizza di malam hari.

    Kacang

    Ketika berubah menjadi refluks, lemak adalah lemak, entah itu jenuh ataupun tidak jenuh. Jadi, meski kacang pada umumnya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, kacang tetap harus dihindari sebelum tidur. Kacang mete, kenari dan macadamia dan kacang tanah adalah yang terburuk. Sedangkan kacang pistachio dan kacang almond tidak terlalu buruk untuk pencernaan.

    Jeruk

    Ini juga buah yang sangat asam. Segelas jus jeruk atau apel hijau di malam hari bisa jadi pilih terburuk bagi pencernaan Anda.

    Kopi

    Kopi memang bersifat asam, dan kafein dalam kopi mengandung bahan yang bisa menghasilkan asam lambung. Jika Anda ingin minum kopi sebelum tidur, minumlah kopi tanpa kafein karena memiliki kadar asam rendah.

    Jika Anda ingin ngemil di malam hari, Koufman menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang rendah asam seperti pisang, semangkuk sereal rendah gula dengan susu rendah lemak, atau teh chamomile yang bisa menenangkan perut.

    Alkohol

    Alkohol melemaskan katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan. Ketika ini terjadi, tubuh Anda tidak mampu untuk menjaga makanan di tempatnya. Ini memungkinkan Anda mendapatkan refluks asam.

    Soda

    Soda sebenarnya lebih asam dari apapun yang ditemukan di alam, menurut Koufman. Asam pada soda merusak katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan. Ditambah dengan karbonasi yang ada pada soda meningkatkan tekanan perut.

    Cokelat

    Makanan yang satu ini memang nikmat dimakan malam hari sebagai camilan. Namun, rasa cokelat tertentu yang mengandung lemak tinggi (yang juga bisa melemaskan katup) dan mengandung kafein serta stimulan yang disebut theobromine, biasanya membuat perut tidak nyaman. 




    #Makanan #Tengah Malam
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

       Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
      Alkes & Lab - 2 minggu yang lalu

      Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

      Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

      Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

        Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
      Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

      Menkes: Masyarakat Jangan Ragu untuk Konsumsi OMAI

      Jakarta - Tak pernah bosan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu untuk..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

      Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

      Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

      JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
      Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

      Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

      JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..

      +Indeks