Tips-Tips yang Dapat Dipraktikan untuk Membasmi Kanker

Oleh : nurul kinanti | Senin, 17 Pebruari 2020 | 16:15 WIB



Wartakesehatan.com - Sebagai salah satu penyakit kronis yang mematikan dan sulit disembuhkan, kanker adalah penyakit yang menggerogoti tubuh penderitanya secara perlahan namun pasti. Kanker dapat diidap oleh siapapun tanpa mengenal usia dan latar belakang, dan semuanya bermula dari adanya gaya hidup yang tidak menyehatkan. 

Saat kanker sudah terlanjur terjadi, dibutuhkan kedisiplinan untuk menjaga kondisi kesehatan dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membangun kekuatan tubuh. Meski sulit memperoleh kesembuhan, para penyintas kanker membuktikan bahwa selama ada kemauan, kanker dapat dikalahkan. Kebiasaan yang dilakukan oleh para penyintas kanker merupakan kunci kesembuhan total dari kanker, seperti yang diungkapkan oleh Dwight McKee, MD, pakar onkologi dan pengobatan holistik di Amerika Serikat. 

Berikut ini tips-tips sehari-hari yang dapat dipraktekkan untuk membasmi kanker.

1. Atasi stres

Pekerjaan yang menumpuk dengan deadline yang ketat, jalanan macet, dan masalah keluarga yang datang silih berganti adalah sebagian kecil dari banyak pemicustres. Jika Anda sering mengalami hal ini, segera atasi. Karena stres akut akan merusak sistem daya tahan dan meningkatkan peradangan di dalam tubuh Anda, yang akan menjadi bahan bakar bagi sel-sel kanker, kata McKee. Anda bisa mempraktikkan yoga, meditasi atau hiking dan berusaha untuk hidup lebih santai. "Apapun pilihan pelepasan stresnya, yang penting Anda menikmati manajemen stresnya. Jika Anda tidak bisa menikmati, hal itu tidak bisa bertahan lama."

2. Hati-hati jamur

"Mykotoksin dan aflatoksin ditemukan di dalam jamur adalah zat paling karsinogenik yang pernah dikenal," kata McKee. Jika pipa di rumah Anda ada yang retak atau gudang dan ruangan lain berbau sangat lembap, segera bersihkan dengan saksama dan biarkansinar matahariserta udara segar masuk dengan leluasa. 

3. Berolahraga

Buang jauh-jauh keengganan Anda untuk berolahraga. Karena aktif secara fisik dapat menyebabkan perubahansistem kekebalan tubuh yang akhirnya mampu membantu Anda menangkis kanker, demikian menurut sebuah studi dari University of Nebraska. Peneliti menganalisis profil 16 penderita kanker sebelum dan setelah program latihan selama 12 minggu, membandingkan rasio sel lama mereka dengan sel baru yang lebih tahan kanker. Hasilnya, setelah 12 minggu latihan, jumlah sel-sel lama yang rentan kanker berkurang sebanyak 15%.

4. Ulurkan tangan

Berbagi juga ampuh menangkal kanker. Jangan sungkan membantu sesama, ikutlah dalam kegiatan sosial. Riset klinis menunjukkan bahwa menjadi relawan sebuah kegiatan sosial dapat menambah fungsi imun tubuh Anda. 
"Kegiatan mulia seperti ini perlu untuk dilanjutkan dalam jangka waktu lama atau selamanya. Selain baik untuk kesehatan, tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain bisa membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan," ujar McKee.

5. Konsumsi suplemen ini

Selain bermanfaat membentuk tulang kuat, suplemen-suplemen ini juga mampu membantu mengurangi risiko untuk kanker. 
Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi selama 10 menit setiap hari. Matahari pagi di musim panas mengandung kira-kira 10.000 IU vitamin D. Atau konsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan laut, yogurt, telur, dan sereal. Institute of Medicine merekomendasikan 600 IU perhari, sementara Endocrine Society-dan kebanyakan dokter menganggap hingga 2.000 IU perhari masih aman. (LT)

Membangun kebiasaan-kebiasaan ini bahkan meskipun Anda bukan seorang penderita kanker merupakan hal yang baik bagi kesehatan Anda. Mulailah dari hal yang kecil untuk kepentingan fisik Anda sendiri dan rasakan manfaatnya dalam jangka panjang.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ganti Kopimu dengan Minuman Sehat Ini

Wartakesehatan.com - Kopi selalu menjadi pilihan setiap orang untuk di nikmati sebelum melakukansktifitas. Hal ini memang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tomat Toner Kulit Alami untuk Membunuh Sel Mati

Wartakesehatan - Memiliki wajah yang segar, sehat, bersih dan bersinar adalah impian setiap orang, khususnya wanita...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gula Dapat Meningkatan Energi Secara Instan

Wartakesehatan.com - Manfaat utama dari gula adalah memberikan rasa manis pada manakan atau minuman. Namun disamping itu..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Makanan yang Enak Belum Tentu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang yang masih belum menerapkan pola makan yang sehat. Mengkonsumsi makanan cepat saji..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang Dapat Melindungi Terhadap Efek Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan baru-baru ini menunjukkan bahwa tidur siang singkat dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Korset Tidak Akan Menghilangkan Lemak pada Pinggang

Wartakesehatan.com – Korset merupakan salah satu cara mudah agar tubuh terlihat ramping namun terlihat ramping bukan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menonton TV Dapat Meningkatan Risiko Diabetes Tipe 2

Wartakesehatan.com - Hampir sebagian besar orang tentu menyukai menonton TV dalam kehidupannya. TV memang menawarkan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Benarkah Makanan Sisa Kemarin Baik untuk Kesehatan ?

Wartakesehatan.com - Sayang rasanya jika kita harus membuang makanan yang belum habis saat makan malam. Apalagi makanan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Biji Selasih Dapat Membantu Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Biji selasih biasa dimanfaatkan sebagai campuran es atau puding. Meskipun terlihat kecil, ternyata di..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Jus Cranberry Membantu Ibu Hamil Untuk Menjaga Janin

Wartakesehatan.com - Buah cranberry adalah buah yang berwarna merah yang biasanya digunakan sebagai makanan dan..

+Indeks