Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 09 Maret 2020 | 10:45 WIB



Wartakesehatan.com-Cacing merupakan salah satu hewan yang seringkali membuat orang-orang jijik melihatnya. Hal ini karena bentuknya yang memang dapat membuat geli dan hidupnya di dalam tanah. Padahal cacing tanah ini memiliki berbagai manfaat untuk lingkungan maupun untuk kesehatan. 

Seperti yang banyak diketahui, cacing tanah sangat baik dalam menyuburkan tanah. Kamu yang hobi memancing tentunya juga sering menggunakan cacing sebagai umpan untuk ikan. Tidak hanya itu, ternyata cacing tanah juga memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mengonsumsinya. Tentunya hal ini membuat kamu agak jijik, tapi kamu tidak perlu takut karena kamu bisa mengonsumsi cacing tanah yang telah diekstrak secara higienis. Kamu tidak perlu mengonsumsi cacing tanah secara langsung dalam bentuk aslinya.

Mengatasi peradangan

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengatasi peradangan. Sejumlah studi juga mengungkapkan bahwa manfaat cacing tanah juga dapat mengatasi peradangan, proses oksidasi, hematologi, dan indikator serum biokimia.

Cacing tanah juga mengandung senyawa lumbrokinase, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh hiperkoagulasi. Senyawa ini sekarang sering digunakan sebagai bahan suplemen makanan.

Penyembuhan Luka

Selain itu, manfaat cacing tanah berikutnya adalah untuk meningkatkan perawatan luka dan membantu penyembuhan luka. Sifat anti bakteri yang dimiliki cacing tanah juga sangat baik untuk membantu kulit yang terluka terhindar dari infeksi dan bahaya berkelanjutan pada luka tersebut.

Dengan pemulihan luka pada kulit yang begitu kompleks, yaitu dengan pertumbuhan sel-sel kulit muda untuk menutup kulit, hingga pemulihan jaringan ika, tentunya manfaat cacing tanah ini sangata membantu

Spesies cacing L. mauritii dapat beraksi menjadi antiinflamasi, antioksidan, dan aktivitas hepatoprotektif, yang sangat baik dalam proses pengobatan luka manusia, bahkan untuk berbagai penyakit manusia lainnya.

Selain itu, asam arakidonat pada cacaing tanah mampu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga proses penyembuhan luka akan lebih cepat dan efektif.

Menjaga Sistem  Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, manfaat cacing tanah juga bisa didapatkan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena cacing tanah memiliki pengenalan memori dan imunologi.

Cacing tanah dapat menghasilkan beberapa jenis leukosit, menyekresi dan menyinstesis berbagai molekul imunoprotektif. Cacing tanah juga memiliki kekebalan bawaan, termasuk beberapa fungsi yang terkait dengan kekebalan adaptif.

Bisa Mengobati Tifus

Manfaat cacing tanah satu ini mungkin sudah banyak dikenal, yaitu bisa mengobati tifus. Cacing tanah bahkan sudah digunakan untuk mengobati tifus sejadi zaman cina kuno.

Bakteri salmonella yang mengakibatkan seseorang terkena tifus dapat diobati dengan ekstrak cacing tanah yang telah tersedia dalam bentuk kapsul. Kandungan antibakteri di dalam cacing juga bisa melawan perkembangan bakteri ini sehingga membuat penderita tifus bisa sembuh lebih cepat.

Antipiretik Dan Antioksidan

Kegiatan antipiretik juga telah terdeteksi pada cacing spesies Lumbricus dan Perichaeta, serta dalam mineral cacing tanah lampito mauritii. Hal ini mirip seperti apa yang kamu dapatkan saat mengonsumsi aspirin.

Perlindungan tubuh manusia terhadap redikal bebas sangatlah penting, karena hal itu terhubung dengan kemajuan pertahanan untuk banyak penyakit kronis. Antioksidan non-enzimatik, seperti glutathione, vitamin C dan E, Tocopherol dan Ceruloplasmin, melindungi sel dari kerusakan oksidatif.




#Kesehatan #Antioksidan #Caicing tanah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 6 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks