Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 16 Maret 2020 | 12:03 WIB



Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari membantu mengendalikan berat badan, menurunkan kolesterol, hingga meredakan stres. 

Menurut Jodi Godfrey, MS, RD, ahli gizi, kepada Psycom terdapat hubungan yang cukup erat antara usus dengan otak manusia. Hal ini dikarenakan ketika nutrisi seseorang tidak dapat terpenuhi akan berdampak pada produksi neurotransmiter dan senyawa kimia pada otak. 

Kondisi tersebut bisa menyebabkan dua hal, yaitu meningkatkan atau mengurangi perilaku yang berhubungan dengan kecemasan. 

Maka itu, mungkin dengan makan beberapa jenis buah di bawah ini, stres Anda bisa berkurang.

1. Blueberry 

Menurut sebuah penelitian dari Federation of American Societies for Experimental Biology, blueberry termasuk kategori buah untuk meringankan stres Anda. 

Di dalam penelitian tersebut dilakukan uji coba terhadap tikus PTSD yang menjalani diet blueberry dan setiap tikus mengonsumsi dua cangkir blueberry setiap harinya. 

Hasilnya, kadar SKA2, yaitu gen yang ditemukan rendah pada orang yang ingin bunuh diri ini, ternyata meningkat dibandingkan tikus normal. 

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada blueberry mengelola perasaan stres tersebut. Pada saat pikiran dilanda stres, tubuh mengidamkan vitamin C untuk memperbaiki dan melindungi sel tubuh. 

Selain itu, buah berri berwarna biru ini juga mengandung antioksidan yang dipercaya dapat meringankan gejala gangguan kecemasan.

2. Alpukat

Selain blueberry, jenis buah lainnya untuk meredakan stres Anda adalah alpukat. 

Alpukat merupakan sumber vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi neurotransmiter, termasuk serotonin. Serotonin adalah senyawa kimia di otak yang bertugas untuk mengatur mood Anda, entah itu bahagia atau merasa cemas. 

Selain itu, di dalam vitamin B jika dipecah lagi akan ditemukan tiamin, riboflavin, dan niacin yang baik untuk sistem saraf manusia. Apabila seseorang kekurangan ketiga senyawa tersebut, lebih berisiko untuk mengalami depresi. 

Bahkan, dengan makan alpukat, perut Anda terisi lebih lama, sehingga membuat Anda merasa puas. Dengan begitu, nafsu makan Anda berkurang dan keinginan untuk ngemil makanan yang tidak sehat pun menjadi hilang. 

Maka itu, mengonsumsi alpukat yang kaya akan vitamin B dipercaya dapat membantu meringankan stres Anda.

3. Buah citrus

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah citrus,seperti jeruk, beruntunglah karena buah ini bisa meringankan stres.

Jeruk dan buah citrus lainnya merupakan sumber vitamin C yang ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Oleh karena itu, sebagian besar orang yang rutin mengonsumsi buah citrus cenderung lebih kebal terhadap stres.

Temuan ini dibuktikan oleh penelitian dari Pakistan Journal of Biological Sciences yang menunjukkan ada efek positif dari penggunaan vitamin C secara oral.  Vitamin C tersebut diberikan kepada para siswa yang mengalami gangguan kecemasan. Hasilnya cukup menjanjika, karena kecemasan para siswa tersebut terlihat menurun. 

Ketiga buah di atas memang cukup membantu untuk meredakan stres yang sedang Anda alami. Akan tetapi, ketika tingkat stres tersebut sudah sangat mengganggu kehidupan Anda, segera konsultasikan dengan dokter atau terapis agar mendapatkan perawatan yang tepat.




#Kesehatan #Stres #Citrus
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 6 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks