Wow,3 Buah Ini Bisa Meringankan Stres

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 16 Maret 2020 | 12:03 WIB



Wartakesehatan.com-Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa buah menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari membantu mengendalikan berat badan, menurunkan kolesterol, hingga meredakan stres. 

Menurut Jodi Godfrey, MS, RD, ahli gizi, kepada Psycom terdapat hubungan yang cukup erat antara usus dengan otak manusia. Hal ini dikarenakan ketika nutrisi seseorang tidak dapat terpenuhi akan berdampak pada produksi neurotransmiter dan senyawa kimia pada otak. 

Kondisi tersebut bisa menyebabkan dua hal, yaitu meningkatkan atau mengurangi perilaku yang berhubungan dengan kecemasan. 

Maka itu, mungkin dengan makan beberapa jenis buah di bawah ini, stres Anda bisa berkurang.

1. Blueberry 

Menurut sebuah penelitian dari Federation of American Societies for Experimental Biology, blueberry termasuk kategori buah untuk meringankan stres Anda. 

Di dalam penelitian tersebut dilakukan uji coba terhadap tikus PTSD yang menjalani diet blueberry dan setiap tikus mengonsumsi dua cangkir blueberry setiap harinya. 

Hasilnya, kadar SKA2, yaitu gen yang ditemukan rendah pada orang yang ingin bunuh diri ini, ternyata meningkat dibandingkan tikus normal. 

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada blueberry mengelola perasaan stres tersebut. Pada saat pikiran dilanda stres, tubuh mengidamkan vitamin C untuk memperbaiki dan melindungi sel tubuh. 

Selain itu, buah berri berwarna biru ini juga mengandung antioksidan yang dipercaya dapat meringankan gejala gangguan kecemasan.

2. Alpukat

Selain blueberry, jenis buah lainnya untuk meredakan stres Anda adalah alpukat. 

Alpukat merupakan sumber vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi neurotransmiter, termasuk serotonin. Serotonin adalah senyawa kimia di otak yang bertugas untuk mengatur mood Anda, entah itu bahagia atau merasa cemas. 

Selain itu, di dalam vitamin B jika dipecah lagi akan ditemukan tiamin, riboflavin, dan niacin yang baik untuk sistem saraf manusia. Apabila seseorang kekurangan ketiga senyawa tersebut, lebih berisiko untuk mengalami depresi. 

Bahkan, dengan makan alpukat, perut Anda terisi lebih lama, sehingga membuat Anda merasa puas. Dengan begitu, nafsu makan Anda berkurang dan keinginan untuk ngemil makanan yang tidak sehat pun menjadi hilang. 

Maka itu, mengonsumsi alpukat yang kaya akan vitamin B dipercaya dapat membantu meringankan stres Anda.

3. Buah citrus

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah citrus,seperti jeruk, beruntunglah karena buah ini bisa meringankan stres.

Jeruk dan buah citrus lainnya merupakan sumber vitamin C yang ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Oleh karena itu, sebagian besar orang yang rutin mengonsumsi buah citrus cenderung lebih kebal terhadap stres.

Temuan ini dibuktikan oleh penelitian dari Pakistan Journal of Biological Sciences yang menunjukkan ada efek positif dari penggunaan vitamin C secara oral.  Vitamin C tersebut diberikan kepada para siswa yang mengalami gangguan kecemasan. Hasilnya cukup menjanjika, karena kecemasan para siswa tersebut terlihat menurun. 

Ketiga buah di atas memang cukup membantu untuk meredakan stres yang sedang Anda alami. Akan tetapi, ketika tingkat stres tersebut sudah sangat mengganggu kehidupan Anda, segera konsultasikan dengan dokter atau terapis agar mendapatkan perawatan yang tepat.




#Kesehatan #Stres #Citrus
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
1 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks