4 Jenis Buah Yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 09 Maret 2020 | 10:05 WIB



Selain menggunakan obat-obatan, mengonsumsi buah-buahan tertentu bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala. Setidaknya ada 4 jenis buah untuk sakit kepala yang dapat Anda konsumsi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

4 buah untuk mengatasi penyebab sakit kepala

Ada beberapa pilihan buah-buahan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi atau meredakan penyebab sakit kepala. Buah-buahan ini bisa bermanfaat jika dikonsumsi berdasarkan penyebab munculnya rasa sakit di kepala.

1. Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah untuk sakit kepala yang disebabkan oleh  dehidrasi. Menurut sebuah penelitian yang dimuat di dalam British Journal of Nutrition,dehidrasi memang dapat menyebabkan rasa sakit kepala sebelah atau migrain.

Buah semangka memang mengandung 92% air di dalamnya. Bahkan, satu cangkir semangka sebesar 154 gram mengandung 118 mililiter air, serta kandungan lain seperti serat,vitamin C,vitamin A, dan magnesium. Oleh sebab itu, buah ini cocok untuk mencegah dehidrasi yang dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Selain kandungan airnya yang melimpah, buah semangka termasuk buah yang rendah kalori sehingga Anda tidak perlu khawatir takut gemuk jika ingin mengonsumsi buah ini dalam jumlah banyak.

Jika Anda ingin mengonsumsinya, Anda bisa menggunakannya sebagai camilan atau makanan penutup. Anda juga bisa menambahkan buah ini ke dalam salad yang Anda buat.

Namun, perlu Anda catat bahwa Anda harus mengonsumsi buah untuk sakit kepala ini dalam kondisi yang sempurna. Artinya, buah masih belum sepenuhnya matang, atau sudah terlalu matang dan hampir busuk. Mengapa? Pasalnya dalam proses pembusukannya, buah ini memproduksi amina biogenic yang disebut dengan tyramine.

Tyramine berpotensi menyebabkan sakit kepala migrain jika Anda tidak memiliki enzim monoamine oxidase (MAO) di dalam tubuh. Pasalnya, enzim ini dapat membantu tubuh memproses tyramine, sehingga kurangnya enzim ini dapat meningkatkan potensi Anda mengalami sakit kepala migrain.

2. Pisang

Pisang juga bisa Anda manfaatkan sebagian buah untuk sakit kepala. Tidak hanya buah, kulit pisang juga bisa Anda manfaatkan untuk meredakan rasa sakit di area kepala, khususnya sakit kepala tegang.

Buah pisang kaya akan kalium dan bisa membantu Anda mengembalikan kadar kalium yang hilang di dalam tubuh. Biasanya, kadar kalium dan natrium bisa menghilang jika Anda mengonsumsi alkohol.

Tidak hanya itu, saat mengonsumsinya, alkohol juga dapat menghalangi produksi hormon yang membantu tubuh Anda menyerap air, sehingga Anda bisa mengalami dehidrasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi buah pisang yang sudah matang untuk membantu mengatasi sakit kepala yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi alkohol. Tidak hanya buahnya, kulit dari buah ini juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat dari kulit pisang, Anda bisa membekukannya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya untuk meredakan sakit kepala dengan cara meletakkan kulit pisang yang sudah beku di dahi atau leher bagian belakang.

3. Alpukat

Kekurangan magnesium di dalam tubuh bisa menjadi salah satu gejala sakit kepala cluster. Maka dari itu, meningkatkan kadar magnesium berpotensi mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan. Anda bisa meningkatkan kadar magnesium di dalam tubuh dengan mengonsumsi buah alpukat sebagai buah untuk sakit kepala.

Buah untuk sakit kepala jenis ini dapat membantu meningkatkan kadar magnesium di dalam tubuh sehingga meredakan sakit kepala cluster yang Anda alami. Satu buah alpukat saja mengandung 58 miligram magnesium atau sebesar 16% dari kebutuhan magnesium harian Anda.

Tidak hanya mengandung magnesium, alpukat juga kaya akan nutrisi lainnya. Misalnya, buah ini juga mengandung lemak sehat, vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan juga kalium.
 
4. Nanas

Buah untuk sakit kepala berikutnya adalah buah nanas. Buah ini mungkin bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit kepala yang terjadi akibat infeksi sinus atau sinusitis. Di dalam buah nanas, terdapat bromelain, yaitu campuran enzim yang bisa diekstrak dari buah atau batangnya.

Sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2016 dan dimuat dalam jurnal Biomedical Report menyatakan bahwa bromelain berpotensi mengurangi durasi dari sinusitis, khususnya yang terjadi pada anak-anak. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan pernapasan dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Namun, mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping. Misalnya, sakit perut atau gangguan menstruasi pada wanita. Untuk tetap mengonsumsi buah ini dalam mengatasi sakit kepala sinus secara aman, Anda bisa mengonsumsi buah ini sebanyak 12 gram setiap harinya. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari efek samping yang tidak diinginkan.




#Kesehatan #Sakit Kepala #Semangka
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 6 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks