Manfaat Olahraga Tinju Untuk Kesehatan Tubuh

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 16 Maret 2020 | 08:45 WIB



Wartakesehatan.com-Ketika mendengar tentang olahraga tinju atau boxing, mungkin ada yang menganggap bahwa olahraga yang satu ini sarat kekerasan dan identik dengan pria-pria bertubuh besar. Padahal, olahraga tinju memiliki banyak manfaat.

Tidak hanya melatih kekuatan otot berikut adalah kebaikan yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan dari berlatih olahraga tinju.

Berbagai manfaat tinju untuk kesehatan

Baik untuk kesehatan jantung

Kekuatan jantung dilihat dari seberapa banyak darah yang dapat dipompa. Semakin sering dilatih, jantung akan memberikan pasokan darah dan oksigen yang cukup tanpa terlalu sering memompa.

Dengan inilah denyut jantung istirahat menjadi lebih rendah dan detak jantung pun lebih teratur sehingga tidak menyebabkan kesulitan bernapas. Olahraga tinju dapat melatih jantung agar bisa berfungsi dengan lebih efisien.

Olahraga ini akan mendorong tubuh Anda untuk terus bergerak. Gerakan pukulannya juga membuat otot-otot berkontraksi. Pada saat itulah jantung anda bekerja lebih keras untuk memompa darah dan oksigen.

Melatih otot inti dan stabilitas tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari olahraga tinju adalah melatih otot-otot inti dalam tubuh. Gerakan tinju banyak melibatkan otot inti yang meliputi otot panggul, punggung, pinggang, dan perut.

Pukulan yang Anda lakukan dalam tinju akan melatih otot menjadi lebih kuat. Ketika otot sudah semakin kuat, risiko mengalami cedera dan nyeri punggung pun berkurang. Kekuatan otot inti juga dapat berdampak pada postur tubuh yang lebih baik.

Selain itu, kemampuan motorik tubuh dalam menjaga keseimbangan juga akan terlatih berkat gerakan dalam olahraga tinju yang cepat dan serba spontan. Tidak hanya berguna saat melakukan olahraga, manfaat ini juga dapat dirasakan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya, refleks Anda akan langsung bekerja untuk melindungi diri ketika menemukan halangan saat berjalan di trotoar.

Meningkatkan koordinasi tubuh

Menggerakkan beberapa bagian tubuh secara bersamaan tentu membutuhkan kemampuan koordinasi yang baik. Olahraga tinju bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkannya.

Anda akan berlatih untuk menyelaraskan gerak tubuh dan kaki. Anda juga belajar bagaimana caranya memperkirakan ke mana gerak tangan harus diarahkan agar pukulan dapat mendarat sempurna pada titik lemah objek yang akan diserang.

Manfaat berlatih olahraga tinju akan meningkatkan kemampuan koordinasi di antara tubuh Anda. Selain itu, tinju juga mengasah insting atletis dan refleks yang membuat Anda lebih sadar akan lingkungan sekitar.

Membakar kalori lebih

Olahraga tinju adalah olahraga yang menguras banyak energi, otot di seluruh tubuh kita pun ikut bekerja lebih keras. Kabar baiknya, salah satu manfaat dari berlatih tinju adalah membakar lebih banyak kalori yang akan membantu Anda yang mau menurunkan berat badan.

Berapa banyaknya kalori yang terbakar akan berbeda-beda dan bergantung pada jenis latihan yang dilakukan. Biasanya perempuan bisa membakar sampai sekitar 400 kalori dalam satu jam berlatih, sedangkan laki-laki bisa membakar sekitar 500 kalori.

Seperti yang kita ketahui, olahraga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak dan kalori. Begitu juga dengan tinju, jika dilakukan secara rutin maka hasilnya akan lebih maksimal.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga tinju juga memberi manfaat bagi daya tahan tubuh.Jika otot sudah terlatih, Anda dapat meninju lebih kuat tanpa merasa lelah. Ditambah lagi, ketika Anda berlatih, Anda juga turut membuat kerja paru-paru dalam menyerap oksigen dan menyalurkannya menuju aliran darah menjadi lebih efisien.

Lebih banyak darah dan oksigen dalam otot tubuh akan membantu Anda agar bisa berlatih lebih lama.




#Kesehatan #Membakar Kalori #MTinju
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
1 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks