Minum Air Putih Saat Perut Masih Kosong

Oleh : nurul kinanti | Kamis, 20 Pebruari 2020 | 09:46 WIB



Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk memastikan kita selalu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Kalau tubuh kekurangan cairan, pastinya dampaknya akan sangat buruk untuk kesehatan.

Dehidrasi berkepanjangan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Seperti penyakit obesitas, hipertensi, kanker payudara, batu ginjal, sinusitis, kanker kandung kemih, migrain, dan arthritis.

Untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih saat perut masih kosong di pagi hari. Karena manfaatnya ternyata luar biasa.

  • Membuang Racun dalam Tubuh

    Saat kita minum air putih, sistem pencernaan tubuh akan berjalan lebih lancar dan alami. Di malam hari, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat kita minum air putih di pagi hari dalam keadaan perut kosong, maka racun-racun akan lebih cepat keluar dan tubuh jadi terasa lebih segar. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, minum banyak air putih bisa bantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

  • Meningkatkan Metabolisme

    Minum air putih saat perut kosong bisa bantu meningkatkan laju metabolisme tubuh sampai setidaknya 24 persen. Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, sistem pencernaan juga akan lebih lancar. Selain itu, minum air setelah bangun pagi bisa membersihkan usus, sehingga usus jadi lebih mudah menyerap nutrisi.

  • Menjaga Tubuh Tetap Langsing

    Saat minum air putih di pagi dalam keadaan perut kosong, semua racun akan dibuang dan sistem pencernaan jadi lebih baik. Efeknya, kita jadi tak mudah lapar dan nafsu makan bisa lebih terkontrol. Sehingga tubuh bisa tetap langsing karena kita terhindar dari godaan makan berlebih.

  • Meredakan Gangguan Pencernaan

    Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya kadar asam di dalam perut. Saat kita minum air putih di pagi hari, kadar asam berlebih ini akan luruh dan larut. Gangguan pencernaan pun bisa teratasi.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

    Dehidrasi bisa menyebabkan munculnya keriput dan pori-pori besar di kulit. Dan minum 500 cc air putih dengan keadaan perut kosong dari pagi hari bisa memperlancar aliran darah di kulit dan membuat kulit lebih bercahaya. Ditambah lagi minum air putih sepanjang hari secara berkala bisa membantu tubuh mengeluarkan racun.

  • Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kantung Kemih

    Minum air putih setelah bangun tidur bisa bantu cegah batu ginjal dan infeksi kantung kemih. Semakin banyak kita minum air putih (dalam batas normal), maka kita bisa terhindar dari ragam penyakit infeksi yang disebabkan oleh racun.

  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh

    Minum air putih saat perut kosong bisa bantu menjaga sistem limfa. Sehingga sistem imun tubuh pun bisa makin kuat. Sistem imun tubuh yang kuat bisa menjaga kita terhindar dari berbagai penyakit dan tak gampang jatuh sakit.


Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum air putih di pagi hari, ada tips-tips yang bisa diikuti. Pertama, minum 4 gelas air putih yang masing-masing berisi 160 cc di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Kedua, jangan makan apapun selama 45 menit. Ketiga, minumlah air putih setidaknya 30 menit sebelum makan, tapi jangan minum air dalam kurun waktu 2 jam setelah sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalau masih kesulitan minum 650 cc air putih langsung di pagi hari, bisa diawali dengan minum 1 gelas air dulu atau semampu kita.




#Air Putih
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 4 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks