Minum Air Putih Saat Perut Masih Kosong

Oleh : nurul kinanti | Kamis, 20 Pebruari 2020 | 09:46 WIB



Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk memastikan kita selalu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Kalau tubuh kekurangan cairan, pastinya dampaknya akan sangat buruk untuk kesehatan.

Dehidrasi berkepanjangan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Seperti penyakit obesitas, hipertensi, kanker payudara, batu ginjal, sinusitis, kanker kandung kemih, migrain, dan arthritis.

Untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih saat perut masih kosong di pagi hari. Karena manfaatnya ternyata luar biasa.

  • Membuang Racun dalam Tubuh

    Saat kita minum air putih, sistem pencernaan tubuh akan berjalan lebih lancar dan alami. Di malam hari, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat kita minum air putih di pagi hari dalam keadaan perut kosong, maka racun-racun akan lebih cepat keluar dan tubuh jadi terasa lebih segar. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, minum banyak air putih bisa bantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

  • Meningkatkan Metabolisme

    Minum air putih saat perut kosong bisa bantu meningkatkan laju metabolisme tubuh sampai setidaknya 24 persen. Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, sistem pencernaan juga akan lebih lancar. Selain itu, minum air setelah bangun pagi bisa membersihkan usus, sehingga usus jadi lebih mudah menyerap nutrisi.

  • Menjaga Tubuh Tetap Langsing

    Saat minum air putih di pagi dalam keadaan perut kosong, semua racun akan dibuang dan sistem pencernaan jadi lebih baik. Efeknya, kita jadi tak mudah lapar dan nafsu makan bisa lebih terkontrol. Sehingga tubuh bisa tetap langsing karena kita terhindar dari godaan makan berlebih.

  • Meredakan Gangguan Pencernaan

    Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya kadar asam di dalam perut. Saat kita minum air putih di pagi hari, kadar asam berlebih ini akan luruh dan larut. Gangguan pencernaan pun bisa teratasi.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

    Dehidrasi bisa menyebabkan munculnya keriput dan pori-pori besar di kulit. Dan minum 500 cc air putih dengan keadaan perut kosong dari pagi hari bisa memperlancar aliran darah di kulit dan membuat kulit lebih bercahaya. Ditambah lagi minum air putih sepanjang hari secara berkala bisa membantu tubuh mengeluarkan racun.

  • Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kantung Kemih

    Minum air putih setelah bangun tidur bisa bantu cegah batu ginjal dan infeksi kantung kemih. Semakin banyak kita minum air putih (dalam batas normal), maka kita bisa terhindar dari ragam penyakit infeksi yang disebabkan oleh racun.

  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh

    Minum air putih saat perut kosong bisa bantu menjaga sistem limfa. Sehingga sistem imun tubuh pun bisa makin kuat. Sistem imun tubuh yang kuat bisa menjaga kita terhindar dari berbagai penyakit dan tak gampang jatuh sakit.


Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum air putih di pagi hari, ada tips-tips yang bisa diikuti. Pertama, minum 4 gelas air putih yang masing-masing berisi 160 cc di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Kedua, jangan makan apapun selama 45 menit. Ketiga, minumlah air putih setidaknya 30 menit sebelum makan, tapi jangan minum air dalam kurun waktu 2 jam setelah sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalau masih kesulitan minum 650 cc air putih langsung di pagi hari, bisa diawali dengan minum 1 gelas air dulu atau semampu kita.




#Air Putih
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
1 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks