Faktor yang Menyebabkan Perbedaan Pertumbuhan Anak

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 21 Pebruari 2020 | 18:30 WIB



Wartakesehatan.com - Anaknya tumbuh sehat Tentu merupakan keinginan setiap orangtua untuk melihatnya. Pada beberapa keadaan, anak Anda dapat tumbuh dengan kecepatan yang berbeda dengan teman sebayanya. Namun ada pula anak yang mengalami pertumbuhan anak kurus. Banyak orang tua yang mempertanyakan akan kondisi anaknya.

Untuk menjawab pertanyaan para orang tuat dapat dijawab dengan memahami bahwa setiap anak memiliki laju pertumbuhan yang berbeda. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ada anak yang gemuk dan ada anak lain yang kurus.

berikut faktor yang menyebabkan perbedaan pertumbuhan anak Anda:

1. Faktor genetik

Anda perlu memahami bahwa keadaan anak Anda dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor genetik. Bagaimana postur tubuh Anda? Jika tubuh kedua orang tua kecil, maka kemungkinan anak Anda juga akan memiliki postur tubuh yang tidak berbeda jauh dengan Anda. Namun pertumbuhan seorang anak juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yaitu berupa asupan nutrisi dan olah raga. Jika faktor lingkungan ini optimal, tidak menutup kemungkinan anak Anda akan memiliki tubuh yang lebih besar sesuai harapan.

2. Faktor nutrisi

Faktor nutrisi memerlukan perhatian khusus. Asupan anak harus dijamin agar memenuhi kebutuhan nutrisi dasar anak tersebut. Apabila anak Anda tergolong aktif, tingkatkan asupan nutrisinya. Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (snack, permen). Jangan lupakan nutrisi berupa sayur dan buah.

3. Aktivitas fisik

Apakah anak Anda berolahraga secara teratur? Pertumbuhan akan terjadi dengan pesat pada tahun pubertas, umumnya ketika anak Anda menginjak umur ke 10 sampai 15. Periode ini ditandai dengan pertumbuhan tinggi badan yang pesat. Karena itu, diperlukan asupan nutrisi yang baik dan rangsangan berupa olah raga teratur. Anak Anda harus dirangsang untuk berolah raga secara teratur untuk merangsang pertumbuhan tulang anak Anda. Jangan biarkan anak Anda masuk ke dalam epidemi obesitas yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Infeksi

Infeksi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan anak. Infeksi yang umum menyebabkan gangguan pertumbuhan anak adalah infeksi pada paru dan infeksi cacing. Apabila infeksi tidak ditangani dengan baik, maka pertumbuhan anakpun akan terhambat.

 




#Anak #Pertumbuhan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Salak Anti Diare Alami yang Membuat Perut Lebih Sehat

Wartakesehatan.com -  Buah salak adalah buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita. Buah salak..
11 jam yang lalu

Alpukat Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Posisi dan Kualitas Tidur Dikaitkan dengan Demensi

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Tips Bantu Mata Anda Beradaptasi Dengan Komputer

Wartakesehatan.com - Aktivitas hampir sebagian orang berada di depan komputer. Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kenari Sebagai Camilan Sehat bagi Jantung dan Usus

Wartakesehatan.com - Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kenari setiap hari..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Dia Cara Mengembalikan Kesegaran Mata

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ada 5 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh

Wartakesehatan.com - Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak rintangan yang kerap muncul saat tubuh..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Merawat Rambut Wanita Berjilbab Dengan Mengistirahatkan Rambut

Wartakesehatan.com - Kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah dan merawat agar..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Segarkan Udara di Sekitar Rumah

Wartakesehatan.com - Semakin parahnya polusi udara yang terjadi di lingkungan, membuat kita kesulitan untuk medapatkan..

+Indeks