Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 22 Pebruari 2020 | 12:01 WIB



Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada dirimu. Berikut lima kondisi kaki yang bisa mengungkap masalah kesehatanmu:

1. Kering Terkelupas

Banyak wanita yang mengalami kondisi kaki kering dan kulit mengelupas. Beberapa di antaranya membiarkan hal tersebut terjadi karena berpikir hanya pergantian kulit biasa. Ketika tumit kaki mengering, pecah-pecah, atau mengelupas bisa menjadi tanda ada masalah pada kelenjar tiroid kamu. Kelenjar tiroid memproduksi hormon untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, tekanan darah, dan fungsi sistem saraf. Kulit kaki yang kering bisa menandakan kelenjar tiroid Anda bermasalah.

Tidak melulu demikian, kulit yang kering juga bisa diakibatkan karena perubahan cuaca. Namun bila kamu melihat kulit kaki mengering disertai gejala lainnya seperti penambahan berat badan, penglihatan bermasalah, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

2. Rambut di Jari Kaki

Perhatikan rambut yang tumbuh di jari kaki kamu. Biasanya wanita tetap memiliki rambut di jemari kaki walaupun tidak sebanyak pria. Bila rambut menjadi lebih sedikit bahkan botak, bisa menjadi tanda aliran darah yang buruk. Kamu bisa mengalami Peripheral Arterial Disease (PAD) atau keadaan di mana sirkulasi arteri menyempit sehingga mengurangi aliran darah ke kaki.

Jika tidak diobati maka bisa berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Untuk mencegahnya, kamu disarankan mulai mengatur pola hidup sehat dengan tidak merokok, olahraga teratur, dan diet seimbang.

3. Kaki Mati Rasa

Bila kamududuk dalam satu posisi yang terlalu lama terkadang kaki menjadi mati rasa. Hal itu juga disebabkan oleh aliran darah yang kurang lancar. Namun perlu diperhatikan, ketika kaki sering mati rasa bisa kemungkinan gejala diabetes. Sebaiknya periksa ke dokter bila sering merasakan gejala ini.

4. Bawah Kuku Menghitam

Ketika kamu tidak sengaja menjatuhkan barang berat ke atas kaki maka bisa memungkinkan kuku berubah menjadi biru. Perubahan warna kuku yang menggelap bisa menjadi tanda kamu memiliki masalah kesehatan.

Bila kamu melihat perubahan warna seperti garis-garis hitam atau cokelat di bawah kuku tapi tidak terbentur sesuatu yang keras, kamu dianjurkan pergi ke dokter. Garis gelap di bawah kuku kaki bisa menjadi tanda kanker kulit melanoma. Namun tidak selalu demikian, perubahan warna kuku yang menjadi gelap bisa karena infeksi jamur.

5. Kaki Sakit di Pagi Hari


Sering merasa sakit seperti panas atau nyeri pada kaki setiap pagi? Itu bisa menunjukkan bahwa kamu mengalami artritis reumatoid atau peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian. Kamu disarankan untuk berolahraga teratur bila sering mengalaminya. Akan tetapi, sering sakit pada kaki di pagi hari juga bisa karena kram otot.




#Kesehatan #Kaki
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Salak Anti Diare Alami yang Membuat Perut Lebih Sehat

Wartakesehatan.com -  Buah salak adalah buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita. Buah salak..
11 jam yang lalu

Alpukat Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Posisi dan Kualitas Tidur Dikaitkan dengan Demensi

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Tips Bantu Mata Anda Beradaptasi Dengan Komputer

Wartakesehatan.com - Aktivitas hampir sebagian orang berada di depan komputer. Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kenari Sebagai Camilan Sehat bagi Jantung dan Usus

Wartakesehatan.com - Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kenari setiap hari..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Dia Cara Mengembalikan Kesegaran Mata

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ada 5 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh

Wartakesehatan.com - Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak rintangan yang kerap muncul saat tubuh..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Merawat Rambut Wanita Berjilbab Dengan Mengistirahatkan Rambut

Wartakesehatan.com - Kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah dan merawat agar..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Segarkan Udara di Sekitar Rumah

Wartakesehatan.com - Semakin parahnya polusi udara yang terjadi di lingkungan, membuat kita kesulitan untuk medapatkan..

+Indeks