Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 22 Pebruari 2020 | 13:01 WIB



Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan reproduksi.

Dilansir dari Pink Villa beberapa tahun terakhir terjadi kasus pria infertilitas (tidak subur). Terlepas dari faktor-faktor penyebab internal (individu), gaya hidup modern juga bisa menjadi penyebabnya. Pola makan saat ini seperti makanan kemasan dan tambahan gula memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Makanan-makanan ini memengaruhi sistem reproduksi tidak hanya perempuan, tetapi juga pria. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap diet tinggi gula dapat memengaruhi kualitas sperma. Studi ini juga menegaskan fakta bahwa kualitas sperma sangat dipengaruhi oleh makanan.

Menurut para peneliti, kualitas sperma dapat dirusak oleh beberapa faktor lingkungan dan gaya hidup, di antaranya obesitas dan penyakit yang disebabkan tinggi gula. S`alah satunya seperti diabetes tipe 2 yang menyebabkan kualitas sperma yang buruk.

Penulis utama atau sang peneliti, Anita Ost dari Universitas Linkoping di Swedia mengatakan, pihaknya melihat bahwa pola makan memengaruhi mobilitas sperma. Pihaknya dapat menghubungkan perubahan dengan molekul spesifik di dalamnya.

“Studi kami telah mengungkapkan efek cepat yang terlihat setelah satu hingga dua minggu (mengonsumsi makanan manis),” jelasnya.

Para peneliti melakukan penelitian untuk menyelidiki apakah konsumsi gula yang tinggi memengaruhi fragmen RNA dalam sperma manusia. Para peneliti mengamati 15 pria muda normal yang tidak merokok. Pria itu mengikuti pola makam di mana mereka diberi makanan sehat pada minggu pertama dan makanan tinggi gula pada minggu kedua. Penelitian ini meneliti fungsi sperma, yang dapat berkontribusi pada metode diagnostik baru untuk mengukur kualitas sperma.

“Studi ini menunjukkan bahwa motilitas sperma dapat berubah dalam waktu singkat, dan terkait erat dengan pola makan (tinggi gula),” kata Anita Ost dalam hasil penelitian yang sudsh Hasilnya diterbitkan dalam jurnal PLOS Biology.




#Reproduksi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Salak Anti Diare Alami yang Membuat Perut Lebih Sehat

Wartakesehatan.com -  Buah salak adalah buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita. Buah salak..
11 jam yang lalu

Alpukat Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Posisi dan Kualitas Tidur Dikaitkan dengan Demensi

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Tips Bantu Mata Anda Beradaptasi Dengan Komputer

Wartakesehatan.com - Aktivitas hampir sebagian orang berada di depan komputer. Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kenari Sebagai Camilan Sehat bagi Jantung dan Usus

Wartakesehatan.com - Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kenari setiap hari..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Dia Cara Mengembalikan Kesegaran Mata

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ada 5 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh

Wartakesehatan.com - Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak rintangan yang kerap muncul saat tubuh..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Merawat Rambut Wanita Berjilbab Dengan Mengistirahatkan Rambut

Wartakesehatan.com - Kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah dan merawat agar..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Segarkan Udara di Sekitar Rumah

Wartakesehatan.com - Semakin parahnya polusi udara yang terjadi di lingkungan, membuat kita kesulitan untuk medapatkan..

+Indeks