Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Oleh : nurul kinanti | Minggu, 23 Pebruari 2020 | 09:04 WIB



Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu kolesterol tinggi, diabetes atau bisa menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Oleh karena itu, di setiap panduan gaya hidup sehat, makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya serat kerap jadi anjuran. 

Salah satu sumber serat yang mudah ditemukan adalah gandum atau yang lebih praktis disajikan, oatmeal. Menurut para ahli, manusia mengonsumsi oat sejak lama dan manfaatnya terhadap kesehatan sudah banyak terbukti. 

Namun, satu hal yang jadi pertanyaan, kapan waktu yang tepat mengonsumsi oat? Melansir lamanBoldsky, oatmeal paling baik dikonsumsi pada pagi hari. 

Alasannya, tentu saja kandungan serat tinggi di dalam oatmeal membuat tubuh bertenaga di pagi hari tanpa harus kelebihan gula dan lemak.

Lalu apa lagi keuntungan sarapan oatmeal?

1. Menurunkan berat badan

Oatmeal adalah penganan praktis yang punya kandungan serat tinggi yang membuat tubuh kenyang lebih lama saat dikonsumsi pagi hari. Dengan kata lain, Anda tidak butuh camilan ‘perantara’ di selang waktu sarapan dan makan siang.

Satu porsi oatmeal mengandung 307 kalori sekaligus mineral esensial seperti magnesium, mangan, fosfor, selenium, zinc, dan antioksidan flavonoid. 

2. Menyehatkan jantung

Konsumsi oatmeal terbukti baik bagi jantung karena serat dalam oatmeal membantu tubuh mengolah kolesterol jahat dan membuangnya melalui saluran ekskresi. Imbasnya, pembuluh darah bersih dari plak penyumbat dan penyebab gumpalan darah, yang secara langsung menurunkan risiko tekanan darah tinggi serta serangan jantung. Di samping itu, oatmeal juga kaya antioksidan yang membantu menyehatkan jantung. 

3. Mencegah diabetes

Selain menyehatkan jantung, oatmeal juga bisa mengurangi risiko diabetes. Alasannya, oatmeal membantu mengurangi kadar glukosa dalam darah.

4. Memperlancar pencernaan

Asupan serat yang cukup membuat tubuh lebih mudah mencerna makanan sehingga tidak terbentuk gas di lambung yang bisa membuat kembung. Tidak hanya itu, serat juga membuat metabolisme tubuh lebih lancar dan mengurangi konstipasi. 
 
 

 




#Oatmeal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Salak Anti Diare Alami yang Membuat Perut Lebih Sehat

Wartakesehatan.com -  Buah salak adalah buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita. Buah salak..
11 jam yang lalu

Alpukat Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Posisi dan Kualitas Tidur Dikaitkan dengan Demensi

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Tips Bantu Mata Anda Beradaptasi Dengan Komputer

Wartakesehatan.com - Aktivitas hampir sebagian orang berada di depan komputer. Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kenari Sebagai Camilan Sehat bagi Jantung dan Usus

Wartakesehatan.com - Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kenari setiap hari..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Dia Cara Mengembalikan Kesegaran Mata

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ada 5 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh

Wartakesehatan.com - Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak rintangan yang kerap muncul saat tubuh..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Merawat Rambut Wanita Berjilbab Dengan Mengistirahatkan Rambut

Wartakesehatan.com - Kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah dan merawat agar..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Segarkan Udara di Sekitar Rumah

Wartakesehatan.com - Semakin parahnya polusi udara yang terjadi di lingkungan, membuat kita kesulitan untuk medapatkan..

+Indeks