Minyak Zaitun Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 25 Pebruari 2020 | 06:00 WIB



Wartakesehatan.com - Tak hanya punya banyak kegunaan, zaitun yang diolah menjadi minyak, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari Healthline, berikut 6 manfaat minyak zaitun yang penting untuk diketahui:

Kaya Lemak Tak Jenuh Tunggal

Banyaknya manfaat minyak zaitun dikarena kandungan lemak jenuhnya yang sehat. Sekitar 14% dari minyak mengandung lemak jenuh, sedangkan 11% adalah tak jenuh, seperti omega-6 dan asam lemak omega-3. Tetapi asam lemak utama dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang membentuk 73% dari total kandungan minyak.

Studi menunjukkan bahwa asam oleat mengurangi peradangan dan memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker. Lemak tak jenuh tunggal juga cukup tahan terhadap panas tinggi, sehingga membuat minyak zaitun menjadi pilihan sehat untuk memasak.

Memiliki Sifat Anti-inflamasi yang Kuat

Manfaat minyak zaitun yang kedua yaitu anti-inflamasi atau peradangan. Peradangan kronis dianggap sebagai pendorong utama penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, Alzheimer, radang sendi dan bahkan obesitas.

Minyak zaitun extra-virgin memiliki manfaat dapat mengurangi peradangan. Efek anti-inflamasi dihasilkan oleh antioksidan. Kandungan yang bekerja sebagai anti-inflamasi tersebut adalah oleocanthal, yang telah terbukti bekerja mirip dengan ibuprofen, obat anti-inflamasi.

Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa oleocanthal dalam 3,4 sendok makan (50 ml) minyak zaitun memiliki efek yang sama dengan 10% dari dosis dewasa ibuprofen.Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat, asam lemak utama dalam minyak zaitun, dapat mengurangi kadar inflamasi seperti C-reactive protein (CRP).

Satu studi juga menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang mendorong peradangan.

Mencegah Stroke

Minyak zaitun ternyata juga bermanfaat dalam meminimalisir resiko terserang stroke. Stroke disebabkan karena ada gangguan aliran darah menuju otak, baik karena gumpalan darah atau pun pendarahan. Di negara maju, stroke merupakan penyebab kematian paling umum kedua, setelah penyakit jantung. Hubungan antara minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara luas.

Sebuah tinjauan besar studi di 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan pengurangan risiko stroke dan penyakit jantung. Dalam ulasan lain di 140.000 peserta, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada 2019, manfaat minyak zaitun dapat diperoleh karena mengandung zat yang dapat membantu mencegah kanker kolorektal. Tes laboratorium telah menemukan bukti bahwa antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, kerusakan oksidatif, dan perubahan epigenetik.

Melawan Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Salah satu penyebab utamanya adalah penumpukan plak beta-amiloid di dalam sel-sel otak.

Pada 2016, beberapa ilmuwan menyarankan bahwa memasukkan minyak zaitun dalam makanan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Kemungkinan hal tersebut merupakan dampak perlindungannya pada pembuluh darah di otak.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 menyarankan bahwa mengonsumsi minyak zaitun yang kaya oleocanthal dapat membantu memperlambat atau menghentikan perkembangan Alzheimer. Oleocanthal adalah senyawa fenolik yang terjadi dalam minyak zaitun.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Mengonsumsi makanan rendah lemak dapat berguna untuk mencegah berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes. Sedangkan mengonsumsi makanan tinggi lemak akan meningkatkan resiko penyakit seperti kanker dan diabetes. Sehingga makanan kaya lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat mencegah penyakit kronis seperti di atas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Diabetes Care menunjukkan bahwa diet gaya Mediterania yang mengonsumsi makanan kaya akan minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe II hampir 50 persen dibandingkan dengan diet rendah lemak. Diabetes tipe II adalah bentuk diabetes yang paling umum dan dapat dicegah.

Beberapa penelitian juga telah mengaitkan manfaat minyak zaitun dengan efek menguntungkan pada gula darah dan sensitivitas insulin. Sebuah uji klinis acak pada 418 orang sehat baru-baru ini mengonfirmasi efek perlindungan dari minyak zaitun.

Memiliki Kandungan Antibakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisiyang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan tukak lambung serta kanker perut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat melawan delapan jenis bakteri ini, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik. Sebuah studi yang lain, pada manusia menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun, yang diminum setiap hari, dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 1040% orang hanya dalam waktu dua minggu.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
1 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks