Meminum Teh Hijau Setiap Hari Selama Satu Bulan

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 25 Pebruari 2020 | 06:30 WIB



Wartakesehatan - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang telah banyak dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad. Selama beberapa dekade terakhir ini, ada banyak penelitian yang menghubungkan teh hijau untuk segudang manfaat kesehatan, seperti menurunkan tekanan dan gula darah, serta mengurangi lemak perut.

Teh hijau mengandung katekin, sejenis antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas dan mendorong perbaikan sel yang rusak. Katekin juga memainkan peran penting dalam manajemen berat badan.

Satu studi menemukan bahwa orang yang rutin minum teh hijau dapat menurunkan indeks massa tubuh dan persentase lemaknya hanya dalam 12 minggu.

Kelly Burch, seorang wanita muda di AS, yang selama ini berjuang menurunkan berat badan, mencoba meminum teh hijau setiap hari selama satu bulan. Dan inilah yang terjadi dengan tubuhnya.

Lebih sedikit mengonsumsi aspartam
Kelly biasanya hanya minum air putih. Namun, kadang dia ingin minuman yang rasanya manis. Untuk itu, dia akan memilih aspartam atau gula diet untuk dicampurkan ke dalam tehnya.

Setelah dia tahu bagaimana rasanya teh hijau, dia merasa tidak lagi perlu menambah gula jenis apa pun ke dalam minumannya. Teh hijau enak jika dinikmati begitu saja sesuai rasa aslinya, baik panas maupun dingin.

Jarang masuk angin
Kelly mulai minum teh hijau pada pertengahan September, saat itu sedang terjadi perubahan musim di AS sehingga banyak orang terserang flu dan virus lainnya.

Suami dan anak Kelly termasuk yang tertular, bahkan anaknya sempat dirawat di rumah sakit. Akan tetapi, Kelly adalah satu-satunya orang yang bertahan tanpa sakit.

"Apakah itu kekuatan antioksidan dari teh hijau? Saya ingin berpikir begitu. Saya minum beberapa cangkir ekstra pada minggu itu, saat suami dan anak saya tertular flu," kata Kelly.

Lebih memperhatikan kesehatan secara keseluruhan
Meskipun Kelly berkomitmen hanya minum satu gelas teh hijau sehari, resolusi kecil ini membuat dia berpikir tentang kesehatannya secara umum.

"Setelahnya, saya jadi lebih mudah untuk membuat pilihan sehat lainnya (termasuk tidak makan berlebihan) sepanjang hari," ujarnya.

Mampu bersantai tanpa alkohol

Pada malam akhir pekan, ketika putri Kelly sudah tidur, Kelly dan suaminya akan mengobrol sambil minum wine. Setelah mulai rutin minum teh hijau, Kelly mencoba menukar wine dengan secangkir teh.

"Ketika menikmatinya, saya menyadari betapa santainya saya duduk dengan minuman beruap di akhir hari. Setelah itu, saya tidak bisa lagi membenarkan adanya kalori ekstra dari wine masuk ke tubuh saya," kata Kelly.

"Saya kehilangan sedikit berat, lalu berhenti"

Selama bulan pertama rutin minum teh hijau, Kelly kehilangan beberapa kilogram berat badan, tetapi setelah itu tidak ada lagi berat yang hilang meski dia masih rutin minum teh hijau, makan sehat, dan berolahraga.

"Sayangnya, saya tidak akan mengandalkan teh hijau untuk meningkatkan pembakaran lemak. Tetapi, saya sangat yakin teh hijau memberi banyak manfaat kesehatan sehingga saya akan tetap rutin meminumnya," tekad Kelly.




#Teh Hijau
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 6 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks