Buah dan Sayur Dapat Memperpanjang Umur Anda

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 03 Maret 2020 | 16:17 WIB



Wartakesehatan.com - Buah dan sayuran merupakan  makanan yang juga penting bagi tubuh kita.Tapi saat ini ada sebagian orang yang tidak menyukai sayuran ,padahal mengonsumsi buah dan sayur setiap hari sangat bagus untuk pencernaan. Buah-buahan dan sayuran adalah sumber alami yang bagus bagi Anda untuk memperoleh vitamin dan mineral yang penting untuk memelihara kesehatan tubuh.  Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran melindungi tubuh Anda dari beragam jenis penyakit.

Penelitian terbaru mengungkapkan hal tersebut juga dapat memperpanjang umur. Ini karena antioksidan dalam buah dan sayur mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Seperti diberitakan Daily Mail , peneliti menemukan antioksidan dalam buah dan sayur seperti vitamin C dapat menjaga kesehatan kelenjar timus. Kelenjar yang terletak dekat jantung ini memproduksi T-cells yang berperan membantu tubuh melawan infeksi.

Pada anak-anak dan orang dewasa, kelenjar timus berukuran cukup besar. Namun seiring pertambahan usia, kelenjar ini menyusut lebih cepat dibandingkan jaringan lain dalam tubuh. Jika kelenjar ini sampai membusuk pada orang tua, maka berbagai risiko kesehatan pun muncul.

Hasil penelitian menunjukkan antioksidan dapat mencegah kelenjar timus mengerut. Studi pada sejumlah tikus memperlihatkan tikus yang diberi vitamin C dan antioksidan lain memiliki penurunan signifikan kemerosotan kelenjar timus.

Pemimpin penelitian, Dr Howard Petrie dari Scripps Research Institute di San Diego mengatakan, “Usia kelenjar timus lebih cepat menua dibanding jaringan lain dalam tubuh. Ini mengurangi kemampuan sistem imun individu yang lebih tua untuk menghadapi berbagai tantangan.”

Seperti diketahui, produksi T-cells yang dihasilkan kelenjar timus akan terus berkurang. Sebab hal ini terjadi pun belum diketahui dengan jelas. Penelitian terbaru menyoroti senyawa hidrogen peroksida dalam timus ternyata memiliki efek ‘merusak.’

Bahaya hidrogen peroksida sama seperti limbah berbahaya dari reaktor nuklir. Senyawa ini dihasilkan dari sel-sel seluruh tubuh yang mengubah makanan menjadi energi dengan bantuan oksigen.

Untuk memberhentikan efek merusak tersebut, tubuh memerlukan antioksidan. Peneliti menemukan antioksidan alami yaitu enzim bernama katalase, sangat penting untuk melindungi kelenjar timus.

“Kami menyimpulkan bahwa penyusutan kelenjar timus merupakan proses penuaan konvensional yang dipercepat oleh defisiensi katalase,” ujar para peneliti.

Karenanya konsumsi buah dan sayur yang memiliki antioksidan alami sangat diperlukan tubuh. Enzim katalase yang dihasilkan dari keduanya bermanfaat untuk mempertahankan sistem imunitas tubuh.

Untuk itu mulai saat banyak banyaklah makan buah dan sayuran ,agar tubuh Anda sehat dan umur Anda lebih panjang




#Buah #Sayur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks