Cara Menghindari Masalah Atau Kerusakan Pada Pemakaian Kondom

Oleh : Kiven Timisela | Jumat, 20 Maret 2020 | 13:25 WIB



Wartakesehatan.com-Pasangan suami istri wajib tahu cara mencegah kondom bocor atau rusak. Kondom merupakan alat kontrasepsi yang efektif dengan pencegahan kehamilan dan penyakit infeksi menular seksual. Namun, penggunaan dan penyimpanan kondom yang salah bisa menyebabkan risiko kondom rusak.

Agar kondom tetap berfungsi optimal sebagai alat kontrasepsi tanpa mengalami kerusakan dan masalah, kulik beberapa tips berikut.

Jangan lagi dilanda kecemasan, ini tips mencegah kerusakan atau kondom bocor

1. Simpan kondom di tempat yang tepat

Temperatur suhu, penerangan, termasuk sinar matahari memengaruhi ketahanan kondom itu sendiri. Kondom disertakan lubrikasi dalam bungkusnya untuk mencegah keringnya kondom.

Kondom bisa kering ketika ia terpapar sinar matahari, penerangan langsung, atau disimpan di tempat bertemperatur hangat. Hindari juga penyimpanan di kamar mandi karena suhunya pun dapat berubah-ubah. Kondom bisa disimpan pada tempat bersuhu ruangan untuk mencegah kondom bocor, misalnya di laci kamar, lemari, atau tempat yang teduh (tidak terkena paparan sinar matahari atau penerangan langsung). 

Kondom juga bisa disimpan di condom holder atau pouch  yang dibuat khusus untuk menjaga agar kondom tidak rusak saat Anda bepergian.

2. Lihat tanggal kedaluwarsa

Sebelum membeli dan memakai kondom,cek kembali tanggal kadaluarsa Kondom punya waktu terbaik pemakaian sebelum kedaluwarsa. Namun, dari waktu ke waktu fungsi kondom akan melemah saat melewati batas waktunya.

Untuk mencegah bocor atau masalah pada kondom, baca kembali batas masa pemakaian. Bila lewat waktu, jangan digunakan.

3. Mencegah kondom bocor dengan memastikan ukuran

Anda bisa mengecek ukuran kondom yang tepat agar pemakaian lebih nyaman digunakan. Karena setiap penis memiliki ukuran yang berbeda saat ereksi, kondom juga menawarkan beragam ukuran.

Maka itu, pastikan ukuran kondom yang Anda kenakan pas. Memakai kondom tanpa memperhatikan ukurannya, bisa menyebabkan kondom robek dan rusak. Sehingga tak lagi berfungsi maksimal ketika digunakan. 

Ada bermacam-macam kondom yang menyesuaikan ukuran penis. Ukuran kondom yang tersedia bisa dilihat sebagai berikut.

  • Ukuran  close fit, dengan lebar 49 mm 
  • Ukuran nyaman, dengan lebar kurang lebih 52.5 mm
  • Ukuran besar, dengan lebar 56 mm

4. Gunakan kondom sebelum penetrasi

Tak sedikit pasangan yang menggunakan kondom saat sebelum klimaks dan tidak dari awal sebelum penetrasi. Pemakaian kondom seperti ini bisa mengurangi fungsinya sebagai alat kontrasepsi dan perlindungan diri dari penyakit menular seksual.

Alangkah baiknya jika kondom digunakan saat ereksi dan sebelum penetrasi berlangsung. Dengan begitu Anda dan pasangan dapat dapat merasakan manfaat kondom secara optimal, serta mencegah terjadinya kondom bocor atau rusak.

5. Kenakan kondom dengan benar

Anda perlu menerapkan cara tepat menggunakan kondom Saat memasangkan kondom, selalu ingat untuk memberikan jeda pada ujungnya sebagai tempat menampung cairan semen. Jangan lupa untuk mengeluarkan udara yang terjebak di dalam kondom sehingga tak ada ruang bagi semen keluar melalui celah udara.

Setelah seks selesai, perlahan keluarkan penis dari vagina secara hati-hati agar tidak ada cairan semen yang tumpah. Lalu tarik kondom, ikat, dan buang pada tempatnya. Mengenakan kondom dengan tepat dapat meminimalkan risiko kondom bocor.

Tak hanya itu, pastikan juga kuku Anda dan pasangan dipotong pendek. Karena kondom juga bisa rusak ketika tergores kuku saat mengenakan ataupun saat handjob di sela-sela penetrasi. 

Kini, Anda sudah tahu tips mencegah kondom tidak rusak dan bocor.Seks berlangsung aman dan menyenangkan dengan melakukan tips di atas. Bagikan artikel ini ke pasanganmu agar tahu cara pemakaian dan penyimpanan kondom yang baik dan benar.  




#Kondom #Seks berlangsung aman #Kondom di Gunakan saat ereksi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 4 hari yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks