Berbagai manfaat tinta cumi untuk kesehatan

Oleh : Kiven Timisela | Jumat, 20 Maret 2020 | 13:45 WIB



Wartakesehatan.com-Penggemar seafood mungkin tidak asing lagi dengan hidangan cumi-cumi yang lezat. Cumi-cumi dengan tintanya memang diakui memiliki citarasa khas yang semakin menambah kelezatannya. Selain rasa yang lezat, rupanya ada juga manfaat tinta cumi-cumi untuk kesehatan.

Berbagai manfaat tinta cumi untuk kesehatan

Cumi-cumi, seperti halnya gurita dan sotong mengeluarkan tinta sebagai bentuk pertahanan diri terhadap serangan predator.  Cumi-cumi umumnya memiliki warna tinta biru-hitam, sedangkan gurita dan sotong memiliki tinta warna hitam pekat dan hitam kecokelatan.

Warna biru kehitaman pada tinta cumi disebabkan oleh melanin,yaitu pigmen alami yang berasal dari senyawa turunan asam amino. Melanin dihasilkan dari kelenjar dalam sel kantung yang disekresikan bersama dengan protein, lemak, mineral, senyawa kimia penting lain. Sebagai contoh tirosin dan dopamine.

Beberapa kandungan zat-zat dalam tinta cumi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti:

Antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker

Manfaat tinta cumi dapat berperan sebagai agen antikanker, karena kandungan melanin dan peptidoglikan. Melanin merupakan zat warna gelap turunan dari asam amino yang digunakan sebagai senjata untuk melindungi diri dari predator.

Mekanisme cumi dalam memproduksi melanin ternyata juga menghasilkan berbagai zat kimia dan enzim yang berperan sebagai antioksidan, seperti tirosin, katekolamin, dan dopamin.

Sementara itu, peptidoglikan merupakan senyawa hasil dari polisakarida dan oligopeptida yang terbukti memiliki aktivitas antikanker, seperti mendorong matinya sel kanker atau apotosis dan menekan pertumbuhan dan penyebaran sel karsinoma dalam tubuh.

Asam amino untuk menjaga kesehatan sel otak dan saraf

Tinta cumi mengandung asam amino bebas dalam jumlah yang cukup tinggi, yaitu taurin dan diikuti olah glutamat dan tirosin.

Kadar asam amino yang tinggi yang dimiliki tinta cumi sebenarnya berfungsi dalam aktivitas phagomimetic atau kemampuan ‘memakan’ zat asing sebagai bentuk pertahanan diri cumi dari predator.

Namun, ternyata asam amino dari tinta cumi itu juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan sel tubuh, seperti taurin, yang penting bagi kesehatan sel otak dan saraf.

Selain itu, asam amino juga mampu menurunkan risiko hipertensi dan hiperkolesterolemia. Glutamat merupakan asam amino yang ternyata memberikan efek rasa gurih yang unik atau ‘umami’ dalam tinta cumi.

Asam lemak tidak jenuh mampu berperan sebagai antibakteri

Manfaa tinta cumi juga disebut sebagai antibiotik alami karena mengandung asam lemak tidak jenuh seperti DHA asam oleat, dan EPA yang memiliki sifat antibakteri.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukan tinta cumi mampu merespon terhadap bakteri penyebab diare dan typhus seperti Staphylococcus aureus, Salmonella sp dan Escherichia coli.

Walaupun tinta cumi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, cumi-cumi tetaplah seafood yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi yang apabila dimakan berlebihan malah akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama jantung dan pembuluh darah.

Sebaiknya Anda hanya mengonsumsi cumi-cumi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kemudian, pilihlah menu pemasakan yang tepat untuk meminimalkan asupan lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh.




#Melanin #Cumi #Asam lemak Tidak Jenuh #DHA #Asam Amino
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Puan Maharani: DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19 Untuk Bantu Pemerintah

Wartakesehatan.com, Jakartap, Menghadapi Covid-19, para anggota DPR bersatu dan bergotong royong  membentuk SATGAS LAWAN..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Puan Maharani: DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19 Untuk Bantu Pemerintah

Wartakesehatan.com, Jakartap, Menghadapi Covid-19, para anggota DPR bersatu dan bergotong royong  membentuk SATGAS LAWAN..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pasien Covid 19 di Indonesia Tembus 2.956

Wartakesehatan.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia kembali mengumumkan update kasus terkait virus corona. Kini jumlah pasien..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gubernur Bali Libatkan Desa Adat dalam Tanggulangi Pandemi Covid-19 (virus Corona)

Wartakesehatan.com - Pelibatan Desa Adat ini dituangkan dalam Keputusan Bersama Gubernur Bali dan Majelis Desa Adat (MDA)..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

DPR-RI Meminta Prosedur Pemakaman Jenazah Pasien Positif Covid-19 Disosialisasikan Secara Masif Kepada Masyarakat.

Wartakesehatan.com, Jakarta- Terkait adanya penolakan pemakaman jenazah pasien positif virus Covid-19 di beberapa..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Tidur Telanjang Memacu Metabolisme Tubuh

Wartakesehatan - Kebiasaan tidur telanjang hanya di lakukan sebagian kecil masyarakat saja, berdasarkan data National..
Obat & Penyakit - 2 hari yang lalu

Hadapi Pandemi Corona, Politis DPR-RI Produksi Jamu Tradisional

Wartakesehatan.com, Jakarta - Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk melawan penyebaran virus corona atau..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kayu Manis Memiliki Manfaat Sangat Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Banyak orang memanfaatkan kayu manis sebagai bumbu maupun sebagai obat tradisional berbagai macam..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Stroberry Melindungi Kehilangan Penglihatan Di Usia Tua

Wartakesehatan.com - Stroberi juga mengandung rangkaian phytonutrient, kandungan kimia protektif yang memiliki banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Rutin Bercinta Menyegarkan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Sebuah situs nurofen.co.uk telah menemukan bahwa pria telah berpikiran bahwa wanita yang sering..

+Indeks