Jika Sering Sakit Berlebih Saat Menstruasi Apakah Berbahaya?

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 20 Maret 2020 | 20:02 WIB



Wartakesehatan.com – Menstruasi, haid atau datang bulan adalalah siklus bulanan yang terjadi pada wanita. Siklus ini normalnya rutin terjadi disetiap bulan namun beberapa wanita mengalami ketidaknormalan, misalnya siklus haid ini datang terlambat, tidak menentu datnggya, atau juga sakit berlebihan saat sedang mengalami menstruasi.

Dikutip vemale, Berikut penjabaran tentang bagaimna mengatasi nyeri saat mengalami menstruasi dan cara mengatasinya menurut dr. Aria Wibowo (MeetDoctor).

Nyeri berlebihan pada saat mengalami menstruasi

Jika sering sakit berlebih saat menstruasi apakah berbahaya?

Menoragia atau hipermenorea adalah pendarahan haid yang lebih banyak dari norma (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari), kadang disertai dengan bekuan darah sewaktu haid. Siklus Haid yang normal antara 21 – 35 hari, selama 2–8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25–80 ml/hari.
Penyebab timbulnya pendarahan yang berlebihan saat terjadinya haid (menoragia) dapat terjadi akibat beberapa hal, di antaranya:
Adanya kelainan organik
Kelainan hormon endokrin akibat kelainan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal, tumor pituitari, siklus anovulasi, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), kegemukan
Kelainan anatomi rahim
Iatrogenik : misal akibat pemakian IUD, hormon steroid, obat kemoterapi, obat–obatan anti inflamasi dan obat antikoagulan.

Nyeri menstruasi bagaimana diwaspadainya?

Berikut ini beberapa ciri-ciri nyeri yang patut Anda waspadai berkaitan dengan organ reproduksi wanita anda:
Nyeri panggul di mana rasa nyeri bisa menyebar ke punggung bawah hingga paha. Nyeri panggul sesaat sebelum menstruasi datang atau saat akan berakhir. Nyeri panggul saat berhubungan badan. Nyeri saat buang air besar atau adanya tekanan pada perut.
Mual, muntah, dan nyeri payudara seperti yang dialami pada saat kehamilan.
Perut merasa penuh atau begah.
Tekanan pada kandung kemih yang menyebabkan sering buang air kecil

Kurangi makanan yang berlemak?

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri saat mentruasi, antara lain:
Kurangi mengonsumsi daging-dagingan kala datang bulan, Lemak jenuh yang terkandung dalam daging justru memperparah gejala nyeri haid.

Kurangi Makanan Manis dan Tinggi Karbohidrat, Ide mengonsumsi es krim atau kue-kue kecil dirasa dapat menenangkan galau dan nyeri saat nyeri mendera. Asumsi tersebut merupakan wacana yang keliru. Makanan manis dan berkarbohidrat justru menghambat pembuangan estrogen dalam tubuh. Roti dan pasta justru akan mengakibatkan penumpukan estrogen.


Teh Dan Protein

Say No to a Cup of Tea
Banyak orang yang mengira meminum teh hangat akan meredakan gejolak nyeri perut. Padahal, mengonsumsi teh saat datang bulan biasanya justru menstimulasi hormon di payudara, yang akan mengakibatkan nyeri payudara

Say Hai to Protein
Untuk menyeimbangkan kadar estrogen yang notabene-nya penyebab nyeri haid, para perempuan hendaknya mengonsumsi tahu dan tempe. Kandungan dalam tahu tempe dapat mengurangi ngilu pada bagian pinggul.

Kurangi Makanan berperisa

Kurangi Makanan berperisa, Cemilan yang asin juga bisa mengakibatkan perut kembung karena menekan kerja ginjal. Saat ginjal bekerja keras karena kekurangan cairan ini, otomatis deraan di pinggang akan terjadi.
Perempuan yang mengalami nyeri haid biasanya disebabkan oleh rendahnya kandungan magnesium dan kalsium dalam tubuh. Kurangnya kandungan magnesium dan kalsium mengakibatkan migrain, dan memperburuk mood. Baiknya rasa nyeri saat datang bulan tak lagi dianggap sesuatu yang membuat ngeri. Atasi sindrom datang bulan dengan langkah tepat.




#Mentruasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Salak Anti Diare Alami yang Membuat Perut Lebih Sehat

Wartakesehatan.com -  Buah salak adalah buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita. Buah salak..
11 jam yang lalu

Alpukat Membantu Penyerapan Nutrisi Secara Maksimal

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Posisi dan Kualitas Tidur Dikaitkan dengan Demensi

Wartakesehatan.com - Tidur miring atau menyamping, merupakan posisi tidur yang paling baik daripada posisi telentang atau..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Ini Dia Tips Bantu Mata Anda Beradaptasi Dengan Komputer

Wartakesehatan.com - Aktivitas hampir sebagian orang berada di depan komputer. Berbagai penelitian telah dilakukan, untuk..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kenari Sebagai Camilan Sehat bagi Jantung dan Usus

Wartakesehatan.com - Dalam uji coba terkontrol secara acak, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kenari setiap hari..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ini Dia Cara Mengembalikan Kesegaran Mata

Wartakesehatan - Bukan hanya badan saja yang bisa merasa lelah namun mata juga bisa mengalaminya. Saat mata memperhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Ada 5 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh

Wartakesehatan.com - Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah. Banyak rintangan yang kerap muncul saat tubuh..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Merawat Rambut Wanita Berjilbab Dengan Mengistirahatkan Rambut

Wartakesehatan.com - Kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut

Wartakesehatan.com - Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui secara tepat bagaimana cara mencegah dan merawat agar..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Segarkan Udara di Sekitar Rumah

Wartakesehatan.com - Semakin parahnya polusi udara yang terjadi di lingkungan, membuat kita kesulitan untuk medapatkan..

+Indeks