Manfaat Dibalik Sensasi Pedas yang Ditawarkan Cabe

Oleh : nurul kinanti | Senin, 23 Maret 2020 | 11:21 WIB



Wartakesehatan.com - Para pecinta makanan pedas mungkin sangat senang dengan makanan yang berbau cabe. Dibalik sensasi pedas yang ditawarkan oleh cabe telah sejak lama memikat lidah. Kini, ada manfaat lain yang akan membuat Anda makin terpikat padanya.

  • Mengandung senyawa capsaicin. Saat Anda membelah cabai, Anda akan melihat membran berwarna putih tempat biji cabai melekat. Nah, pada membran ini terkandung senyawa capsaicin yang memberikan rasa pedas pada lidah. Senyawa ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Capsaicin bekerja untuk sekresi lendir yang akan membantu mengatasi hidung tersumbat pada penderita sinusitis dan flu. Suatu penelitian yang dilakukan oleh Case Western Reserve University menemukan bahwa capsaicin dapat membantu menurunkan rasa nyeri pada penderita osteoarthritis hingga 33%. Ini karena capsaicin memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi serta kemampuan untuk menghasilkan hormon endorfin.
  • Cegah kanker prostat. Berterimakasihlah pada likopen. Anda bisa menggunakan cabai untuk mencegah kanker, terutama cabe yang berwarna merah. Ini dikarenakan kandungan pigmen karotenoid bernama likopen. Dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, ditemukan bahwa pria yang mengonsumsi likopen dalam jumlah banyak memiliki risiko terkena kanker, khususnya kanker prostat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi atau mengonsumsi dalam jumlah yang kecil. Suatu penelitian lain di India juga menemukan bahwa likopen dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki strukturnya serta meningkatkan agresivitasnya.
  • Primadona vitamin C. Masih berpikir bahwa jeruk adalah raja vitamin C? Mari kita luruskan pemikiran ini. Para peneliti menemukan bahwa cabai memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi tepatnya tujuh kali lebih banyak dibanding jeruk. Dan, dari ratusan jenis cabai yang ada, paprika adalah yang memiliki kandungan vitamin C terbesar. Vitamin C selama ini dikenal akan kinerjanya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, diet yang kaya vitamin C dapat membantu menangkal penyakit kardiovaskular dan menghilangkan aterosklerosis pada jantung. Penelitian dari McGill University yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition menemukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan mood dan meminimalkan rasa gelisah.
  • Kaya vitamin B. Selain vitamin C, cabai juga kaya akan vitamin B kompleks. Kandungan vitamin B terbesar yang terdapat dalam cabai adalah pyridoxine (B6). Vitamin ini diperlukan oleh otak agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu, juga turut membantu pembentukan protein, hormone, dan sel darah merah. Vitamin B juga bekerja untuk menurunkan kadar homosistein. Saat tingkat homosistein terlalu tinggi, ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang berkaitan dengan meningkatnya risiko terkena serangan jantung dan stroke.



#Cabe
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks