Ketidaknormalan Siklus Mentruasi Resiko Keropos Tulang

Oleh : nurul kinanti | Senin, 23 Maret 2020 | 13:20 WIB



Wartakesehatan.com - Atlet wanita atau wanita yang rutin berolahraga namun mengalami ketidaknormalan siklus menstruasi, Kemungkinan besar berisiko terhadap cedera pada tulang atau mengalami patah tulang, Studi baru mengemukakan. 

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang memiliki gejala yang dikenal dengan nama ‘female athlete triad’ spektrum gejala yang meliputi ketersediaan energi yang rendah, Ketidaknormalan siklus menstruasi, dan kepadatan mineral tulang yang rendah, berada pada peningkatan risiko keropos tulang.

Female athlete triad itu sendiri merupakan suatu gejala atau sindrom gangguan makan yang meliputi ketersediaan energi yang rendah, kelainan siklus menstruasi, dan kepadatan mineral tulang yang rendah.

"Kombinasi dari kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya tulang prematur pada wanita," kata penulis utama studi dan ahli bedah ortopedi, Elizabeth Matzkin dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, AS.

Dalam studinya, para peneliti mengambil sampel dari dua orang wanita, yaitu atlet dan non atlet, untuk mengetahui gejala female athlete triad ini. Temuan menunjukkan bahwa atlet wanita rentan mengalami cedera di tulang secara signifikan. Selain itu, para ahli juga menemukan bahwa wanita yang mengalami kelainan siklus haid dilaporkan memiliki risiko hampir tiga kali lebih besar terhadap cedera tulang dan sendi.

“Nutrisi yang tepat dan keseimbangan energi adalah kunci untuk tetap sehat bagi atlet dari segala jenis usia. Tapi memaksimalkan kesehatan tulang ketika Anda masih muda sangat penting untuk kesehatan tulang Anda di kemudian hari," kata Matzkin, dilansir dari Times of India.

Studi ini telah dipublikasikan ke dalam Journal of American Academy of Orthopaedic Surgeons (JAAOS).




#Mentruasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks