Benarkah Vaksin Flu Bisa Mencegah Covid-19

Oleh : Kiven Timisela | Senin, 23 Maret 2020 | 13:45 WIB



Wartakesehatan.com-Persediaan vaksin flu di Indonesia kini telah menipis karena banyak masyarakat yang percaya bahwa pemberian vaksin ini dapat mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Pertanyaannya, benarkah vaksin flu bisa mencegah serangan virus Corona? Agar Anda tak keliru, simak artikel berikut ini.

Secara sekilas, gejala infeksi Virus Corona tampak mirip dengan gejalah penyakit flu Namun, bukan berarti pemberian vaksin flu juga efektif untuk mencegah virus Corona. Pasalnya, kedua penyakit ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda sehingga membutuhkan vaksin yang berbeda pula untuk mencegahnya.

Manfaat Pemberian Vaksin Flu untuk Virus Corona

Vaksin-Flu dirancang untuk menurunkan risiko infeksi virus penyebab flu musiman, bukan untuk infeksi virus Corona atau COVID-19. Walaupun begitu, setidaknya pemberian vaksin ini mampu mengurangi risiko terjadinya gejala infeksi virus Corona yang parah. Mengapa bisa demikian?

Gejala yang disebabkan oleh virus Corona bisa bervariasi dari ringan hingga parah dan menyebabkan kematian. Semakin lemah daya tubuh seseorang, semakin besar kemungkinan gejala COVID-19 menjadi parah.

Jika seseorang menderita flu, daya tahan tubuhnya akan lebih lemah dibandingkan ketika ia dalam kondisi sehat. Bila pada saat yang sama orang tersebut terinfeksi virus Corona, kemampuan tubuhnya untuk menghalau virus ini menjadi berkurang dan infeksi bisa berkembang menjadi parah.

Jadi, vaksin flu boleh saja diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak, tetapi yang perlu diingat, vaksin ini tidak bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona. Langkah-langkah pencegahan Covid-19 yang dianjurkan oleh pemerintah Indonesia maupun oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih efektif untuk melindungi Anda dari virus Corona ketimbang pemberian vaksin flu.

Langkah Pencegahan Infeksi Virus Corona

Hingga saat ini, vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona belum ada. Para peneliti masih berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin tersebut agar pandemi COVID-19 bisa segera teratasi.

Karena vaksin COVID-19 masih belum tersedia, Anda perlu untuk melindungi diri dengan baik agar terhindar dari infeksi virus ini. Langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi Anda dari berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah makanan sehat, seperti sayur, buah, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, serta menjauhi asap rokok dan minuman beralkohol. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral sesuai anjuran dokter, terutama bila asupan nutrisi dari makanan saja tidak cukup.

2. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar merupakan cara efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.

Jika Anda sedang dalam perjalanan dan sulit untuk menemukan air dan sabun, bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk membasmi kuman.

3. Menjaga jarak dengan orang lain

Anda juga disarankan untuk melakukan social distancing dengan cara menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh 1 meter. Selain itu, sebisa mungkin hindari kerumunan orang dan kurangi bepergian ke luar rumah bila tidak terlalu penting. Tindakan ini dapat mencegah penyebaran COVID-19.

4. Menggunakan masker saat sakit

Bila Anda sedang sakit, gunakanlah masker,Penggunaan masker mampu menghalangi penularan virus Corona dari orang ke orang. Pasalnya, seseorang yang telah terinfeksi virus Corona bisa menularkan virus ini ke orang lain melalui percikan air liur saat batuk ataupun bersin.

Pemberian vaksin flu untuk virus Corona tidaklah efektif. Mengingat belum ditemukannya vaksin virus Corona, Anda disarankan untuk terus melakukan langkah-langkah pencegahan di atas. Bila Anda sakit, hindari berpergian keluar rumah kecuali untuk memeriksakan diri ke dokter

 




#Masker #Covid-19 #Social Distancing #Vaksin flu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks