Berdiri Dua Jam Dapat Memperbaiki Gula Darah

Oleh : nurul kinanti | Senin, 23 Maret 2020 | 16:00 WIB



Wartakesehatan.com  - Pada akhir juli lalu dilakukan sebuah studi yang dimuat dalam European Heart Journal yang memuat hasil bahwa berjalan kaki dibandingkan duduk, punya manfaat lebih bagi lingkar pinggang. Berdiri selama dua jam juga dapat memperbaiki kadar gula darah dan kolesterol seseorang.

Duduk sepanjang hari yang dilakukan setiap hari itu membawa dampak buruk bagi kesehatan ,bisa bisa Anda dapat terkena batu ginjal. Untuk itu Anda disarankan untuk melakukan gerakan lain selain duduk. Misalkan berdiri,berdiri selama kurang lebih dua jam dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.Seperti yang telah dijelaskan di atas.

''Studi ini jadi bukti penting untuk meningkatkan waktu untuk berdiri dan berjalan dibanding duduk yang berdampak baik bagi kesehatan,'' demikian disampaikan peneliti University of Queensland's School of Public Health, Genevieve Healy seperti dikutip Live Science.

Studi yang melibatkan 700 pria dan wanita usia 36 hingga 80 tahun ini dilakukan dengan memonitor kegiatan mereka selama 24 jam dalam sepekan.

Peneliti akan mendeteksi apakah partisipan duduk, berdiri, melangkah, berbaring atau tidur.

Rata-rata, partisipan menghabiskan 8,8 jam duduk, 4,9 jam berdiri dan dua jam melangkah. Hanya 1,2 jam yang digunakan untuk melakukan aktivitas fisik level sedang hingga berat.

Menurut penelitian ini, mengganti dua jam untuk duduk menjadi berdiri akan menurunkan dua persen kadar gula darah dan 11 persen lemak darah.

Sementara mengganti dua jam duduk dengan melangkah akan menurunkan 11 persen indeks masa tubuh dan 7,5 centimeter lingkar pinggang.

Dengan berdiri, kerja metabolisme jadi lebih baik. Sementara melangkah akan membantu mengurangi jaringan lemak.




#Berdiri #Dua Jam
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 4 hari yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 5 hari yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks