Ubi Jalar Membantu Mengatasi Peradangan

Oleh : nurul kinanti | Kamis, 02 April 2020 | 10:01 WIB



Wartakesehatan.com -Ubi jalar adalah salah satu makanan budidaya yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ubi jalar biasa dijual di pasar tradisional maupun di pasar modern. Walaupun ubi jalar di anggap makanan tradisional, namun ubi jalar memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Meskipun memililiki banyak vitamin,tetapi kita tetap harus memperhatikan janan terlalu berlebihan mengkonsumsi.Selain memiliki banya vitamin ubi jalar ini memiliki banyak manfaat,antara lain :

Membantu untuk Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh adalah membantu untuk mencegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang biasanya ditandai dengan luka yang tidak kunjung sembuh. Ini dikarenakan ubi jalar mengandung indeks glikemik yang tergolong rendah. Berdasarkan penelitian yang ada mengonsumsi ubi jalar mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh serta resistensi insulin bagi mereka penderita penyakit diabetes.

Membantu Mengurangi Tekanan Darah dalam Tubuh

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan yang kedua adalah membantu mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Health and Nutrition Examination Survey menyatakan bahwa satu ubi jalar saja mengandung sekitar 512 miligram yang bisa membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi sebanyak 20 persen. Hal serupa ini juga bisa ditemukan melalui buah mangga dan pisang.

Membantu Mengatasi Peradangan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Medicinal Food ekstrak yang ditemukan pada ubi jalar ungu mempunyai efek anti inflamasi serta antilipogenic positif. Selain itu ubi jalar juga terkandung senyawa kolin yang dapat membantu proses penyerapan lemak serta mengurangi inflamasi. Semua senyawa tersebut berperan penting dalam mengatasi peradangan dalam tubuh.

Membantu dalam Menjaga Kesehatan Mata

Berdasarkan Duke yang merupakan dokter mata Jill Koury, MD bahwa kekurangan vitamin A dapat mengurangi kinerja mata menjadi kurang maksimal. Untuk itu tubuh manusia memerlukan asupan vitamin A dengan mengonsumsi makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Berdasarkan berbagai catatan yang ada ubi jalar mengandung vitamin C dan E yang sudah terbukti mendukung dalam mencegah terjadinya kerusakan degneratif dan membantu kesehatan mata.

Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat ubi jalar yang kelima adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Kesehatan pencernaan tubuh sangat perlu untuk diperhatikan agar tidak mengalami permasalahan seperti sembelit atau susah buang air besar. Untuk itu tubuh mendapatkan asupan serat yang cukup agar terhindari dari permasalahan pada pencernaan. Serat di dalam ubi jalar juga membantu menjaga agar pencernaan lebih sehat.

-dbagus.com




#Ubi Jalar
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks