Menonton TV Dapat Meningkatan Risiko Diabetes Tipe 2

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 03 April 2020 | 06:02 WIB



Wartakesehatan.com - Hampir sebagian besar orang tentu menyukai menonton TV dalam kehidupannya. TV memang menawarkan berbagai hiburan dan acara yang memanjakan mata setiap orang. Terkadang tanpa terasa kita sudah menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton TV.

Sebuah serentetan studi terbaru menyatakan bahwa seseorang yang sering menonton TV cenderung memiliki sejumlah masalah kesehatan. Dan berikut adalah beberapa efek kesehatan dari menonton Tv dan bagaimana hal ini terkait dengan beberapa masalah fisik dan mental, seperti yang dilansir dari boldsky.com.

Obesitas

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa menonton televisi terkait dengan berat badan dan obesitas. Gaya hidup dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan karena Anda mengeluarkan lebih sedikit energi ketika Anda berdiam di kursi daripada ketika Anda berdiri atau hanya berjalan di sekitar.

Kerusakan Otak

Terlalu banyak menonton televisi akan mengubah struktur otak anak dengan cara merusak. Para peneliti telah menemukan bahwa menonton televisi berkepanjangan anak-anak dapat menyebabkan perubahan berat di otak. Menurut sebuah penelitian di Jepang yang dilakukan dengan 276 anak-anak (kelompok umur 13 dan 18) scan otak MRI dari anak-anak telah meningkat jumlah materi abu-abu di sekitar Polor korteks depan. Ini membuktikan efek kesehatan negatif dari menonton TV karena menunjukkan kecerdasan verbal rendah.

Berkurangnya Jumlah Sperma

Menonton secara teratur memiliki dampak besar pada kesuburan laki-laki. Pria yang memiliki kebiasaan terkapar di atas sofa selama 20 jam menonton televisi akan memiliki jumlah sperma lebih sedikit daripada mereka yang menonton kurang dari itu. Pria yang mengambil waktu untuk berolahraga selama 15 jam dalam 5 minggu memiliki jumlah sperma 73% lebih tinggi daripada mereka yang menonton TV.

Peningkatan Risiko Diabetes Tipe 2

Jika seseorang terpaku pada TV selama lebih dari dua jam per hari, ada kemungkinan berkembangnya diabetes tipe 2. Penelitian telah mengemukakan bahwa risiko terkena diabetes tipe 2 meningkat sekitar 20%. Memotong waktu menonton TV dapat mengurangi risiko tidak hanya diabetes tipe 2, tetapi juga risiko kematian dini.

Gangguan Suasana Hati

Tidur adalah hal yang penting karena memungkinkan otak Anda untuk pulih dari kerasnya hari. Pada malam hari, saat menonton TV di ruang remang-remang, paparan layar TV yang menyala dapat mendorong perubahan di otak yang akhirnya membawa gangguan mood seperti depresi.




#Menonton TV
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks