Tip Sehat Mengubah Kecanduan Kopi

Oleh : nurul kinanti | Minggu, 05 April 2020 | 06:02 WIB



Wartakesehatan.com - Kopi yang mengandung kafein tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda dan dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung. Nah, berikut beberapa tips sehat yang dapat mengubah kencaduan Anda minum kopi, seperti dilansir Fearlesseating.

1. Pilih Kopi Organik

Kopi konvensional umumnya disemprot dengan pestisida yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun Anda dapat memilih kopi yang ditanam secara organik, ini jauh lebih sehat. Saat ini sudah banyak kopi organik yang diperjualbelikan.

2. Kurangi konsumsi gula ke dalam kopi

Ini mungkin hal yang terpenting untuk minum kopi secara sehat. Banyak orang tidak menyadari bahwa dengan mendambakan gula ke dalam kopi, justru Anda mendapatkan kadar gula yang lebih tinggi dibanding kafein.

Sebagai penggantinya, Anda bisa mendambahkan krim yang dapat mengurangi kadar gula di dalam secangkir kopi. Lemak di dalam krim akan mengurangi rasa pahit kopi. Krim juga memiliki rasa manis alami.

Namun, Anda disarankan tidak menggunakan 'creamer' yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi, sirup jagung dan berbagai bagan kimia lainnya.

3. Beli Biji Kopi dan Haluskan Sendiri di Rumah

Biji kopi dengan kualitas sebaik apapun akan mulai mengalami kerusakan dan bisa berbau tengik jika terkena oksigen dan lembap.

Paparan oksigen dan lembap membuat kesegaran kopi menghilang dan mengurangi efek anti-oksidan dalam kopi yang bermafaat bagi kesehatan hati dan mencegah kerusakan sel-sel otak.

Para ahli gizi agak skeptis tentang manfaat kesehatan anti-oksidan dalam kopi. Tapi jika itu benar, anti-oksidan akan segera mengoksidasi setelah penggilingan dan mulai hilang jika disimpan terlalu lama dalam kondisi tempat yang lembap.

Sebaiknya Anda membeli biji kopi dan menghaluskannya sendiri di rumah lalu segera dinikmati. Ini jauh lebih sehat dan segar.

4. Minumlah Satu Cangkir per Hari

Seseorang yang sudah kecanduan bisa minum lebih dari sepuluh cangkir kopi tiap minggunya. Jika Anda seperti itu mulailah kurangi konsumsi kopi secara perlahan. Ini dapat mengurangi kadar kafein.

Cara lain mengurangi kadar kafein, Anda bisa membuat dengan teknik Swiss (dengan merendam biji kopi dalam air hangat kemudian dipangang dengan alat khusus untuk menghilangkan kandungan minyak, namun tetap mempertahankan rasa dan aroma kopi).

5. Minumlah Kopi Setelah Makan

Kebanyakan orang yang menyukai kopi, menenggak secangkir minuman mengandung kafein itu sambil menunggu sarapan disiapkan.

Ini sebaiknya dihindari, karena kafein dapat menyebabkan tubuh Anda melepaskan gula ke dalam aliran darah dan menyebabkan pankreas melepaskan insulin.

Saat perut kosong, ini dapat menyebabkan penurunan gula darah yang kemudian dapat membuat Anda ingin mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Selain itu, kafein dalam kopi juga akan menekan nafsu makan dan membuat Anda tidak merasa lapar. Memiliki makanan di perut dapat membantu Anda mengatur kadar gula dan meredakan sedikit efek kafein. 




#Kopi #Kecanduan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks