Puan Maharani: DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19 Untuk Bantu Pemerintah

Oleh : Gunawan Abdillah | Kamis, 09 April 2020 | 17:20 WIB



Wartakesehatan.com, Jakartap, Menghadapi Covid-19, para anggota DPR bersatu dan bergotong royong  membentuk SATGAS LAWAN COVID-19. “Satgas ini membantu Pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 di tiap-tiap daerah,”ujar Ketua DPR RI Puan Maharani pada acara peluncuran Satgas Lawan Covid-19. 

Peluncuran SATGAS Lawan COVID-19 dipimpin Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco  Ahmad di Gedung Nusantara III DPR RI, Kamis siang (9/4). Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan sambutan lewat fasilitas video-conference.

Menurut Puan,  Satgas  ini dibentuk untuk  membangun sinergi dari para donatur yang peduli dalam melawan Covid-19 untuk membantu memenuhi kebutuhan Rumah Sakit atau Puskesmas di daerah.  “Termasuk memenuhi kebutuhan dasar atau sembako masyarakat yang terdampak ekonomi dari wabah Covid-19,”ungkap politisi PDI Perjuangan ini. Selain menghimpun sumbangan dari donatur,  Puan menyatakan,  Satgas juga mengkoordinasikan sumbangan sumbangan dari para anggota DPR.  "Jadi tidak menggunakan anggaran DPR sama sekali, tidak ada anggaran lembaga, "ujar Puan. 

Puan menegaskan bahwa Satgas Lawan Covid-19  tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang, melainkan  sumbangan dalam bentuk alat kesehatan, masker dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya, serta ventilato dan alat pendukung medis lainnya.  “Semuanya langsung didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit rujukan, ke Puskesmas dan ke kelurahan. Kami juga menerima bantuan  sembako yang akan langsung didistribusikan ke warga,”ucap Puan.

Pendistribusian bantuan akan dipantau Satgas Lawan Covid-19 melalui satuan-satuan kerja Satgas Daerah Lawan Covid-19. Mekanisme kerja dari Satgas ini akan dilakukan melalui aplikasi atau website SatgasLawanCovid19.com. “Aplikasi tersebut akan terkoneksi dengan 132 Rumah Sakit rujukan serta Puskesmas-Puskesmas. Bila membutuhkan alat kesehatan, mereka bisa langsung mengisi form di aplikasi tersebut untuk kebutuhan tiga bulan ke depan,”tutur Ketua DPR RI  Puan Maharani.

Mekanisme yang sama berlaku dalam penyaluran bantuan  Sembako. Puan menyatakan pada tahap awal, bantuan sembako  akan difokuskan kepada masyarakat terdampak ekonomi di wilayah Jabodetabek. “Akan segera dilakukan pendataan oleh tiap-tiap Kelurahan. Masing-masing Lurah dapat mengisi data jumlah orang yang terdampak ekonominya karena Covid-19 ini,”katanya. 

Wakil Ketua  DPR-RI  Sufmi Dasco Ahmad ditunjuk sebagai koordinator Satgas Lawan Covid-19. Menurut Puan, pola kerja dan komunikasi Satgas akan diselenggarakan melalui website SatgasLawanCovid19.com. “Kami berharap, melalui Satgas Lawan Covid 19 ini, anggota DPR dapat ikut memperkuat kerja bersama, bergotong royong, dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19, memperkuat upaya penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang terpapar Virus Covid-1, serta membantu masyarakat yang tidak mampu yang terdampak secara ekonomi,”Puan menutup sambutannya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks