Sampai Saat Ini BPOM Belum Berikan Rekomendasi Obat Herbal untuk Covid 19

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 05 Mei 2020 | 16:37 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Mewabahnya penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19, masyarakat pun menjadi semakin waspada.

    Kekhawatiran tertular membuat banyak orang mencari berbagai cara untuk melindungi diri, salah satunya mengonsumsi ramuan atau obat herbal. Beberapa produk herbal bahkan mengklaim tak hanya mampu menangkal virus yang berasal dari China itu, tapi juga menyembuhkan COVID-19.

    Padahal, hingga saat ini uji klinis terhadap vaksin maupun obat masih terus dilakukan. Terkait dengan banyaknya produk herbal dengan klaim mengobati COVID-19, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) memberikan klarifikasi. Dalam situs resmi BPOM disebutkan bahwa obat herbal yang telah memiliki Nomor Izin Edar (NIE) Badan POM maka produk tersebut telah dilakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, khasiat dan mutunya.

    Klaim khasiat suatu obat herbal harus dibuktikan, baik berdasarkan data empiris atau secara ilmiah melalui uji pra klinik dan uji klinik. Apabila suatu produk herbal terbukti berkhasiat untuk mengobati suatu penyakit, maka klaim khasiat tersebut akan tertera pada label atau desain kemasan produk. "Sampai saat ini Badan POM tidak pernah memberikan persetujuan klaim khasiat obat herbal yang dapat mengobati segala jenis penyakit, termasuk infeksi virus COVID-19," demikian bunyi klarifikasi BPOM yang dikutip dari situs resmi, Selasa, 5 Mei 2020.

    Karena itu, BPOM pun mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati dan tidak mudah percaya dengan iklan atau pernyataan yang menyebutkan obat herbal mampu mengobati COVID-19. Masyarakat bisa menggunakan produk herbal secara aman dan tepat dengan cara melakukan cek KLIK, yaitu pastikan kemasan dalam kondisi baik, baca informasi pada label, pastikan ada izin BPOM, dan pastikan tidak melewati batas kedaluwarsa. Ketika akan mengonsumsi produk herbal, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter apabila memiliki riwayat penyakit tertentu. Perhatikan juga peringatan yang tercantum pada label. Baca teliti aturan pakainya.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      4 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks