Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Oleh : Gunawan Abdillah | Rabu, 13 Mei 2020 | 15:02 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun yang sehat sangat mungkin untuk mengalahkan SARS-CoV-2. Dalam riset ini, peneliti melakukan analisis terhadap sampel darah pasien wanita berumur 47 tahun positif gejala sedang-ringan Covid-19, yang memiliki riwayat perjalanan dari Wuhan ke Melbourne.

    Berikut ini ringkasan penelitian mengenai perlawanan imun tersebut:

    Darah diambil empat kali selama periode sakit pasien, yakni hari ke-7, hari ke-8, hari ke-9, dan hari ke-20. Peneliti menemukan, selama hari 7-9 di mana sang pasien telah menunjukkan gejala, ada peningkatan imunoglobulin G sistem imun, yang melawan virus corona. Ada pula peningkatan pada imunoglobulin M dari pasien.

     

    Peningkatan imunoglobulin pasien tersebut terus terjadi selama hingga 20 hari setelah gejala terjadi. Tak sampai di situ, dalam sampel darah hari ke-7 dan 9 tersebut juga terdapat sel imun yang aktif, seperti sel T helper, sel T killer, dan sel B.

     

    Sang pasien kemudian diizinkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah pada hari ke-11. Gejala yang ia tunjukkan pun hilang pada hari ke-13 dan tetap sehat pada hari ke-20, selama masa pengawasan dan penelitian.


    Penelitian ini menunjukkan bahwa tubuh mengeluarkan banyak ‘senjata’ dalam melawan SARS-CoV-2. Menjaga sistem imun dengan cara-cara di atas tak ayal lagi krusial untuk dilakukan. Namun yang terpenting, untuk menghindari virus ini, Anda harus tetap berdiam diri di rumah, menjaga jarak sejauh mungkin dari orang lain, dan menjaga kebersihan diri terutama tangan.

    Catatan

    Cara utama untuk menghindari virus corona adalah dengan menghindari paparan virus tersebut, seperti berdiam diri di rumah dan mencuci tangan sesering mungkin. Selama menjalankan #SehatDiRumah ini, Anda juga bisa memperkuat benteng sistem imun agar tetap sehat dan tak mudah sakit.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      4 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks