Tanggapan Kalung Kayu Putih Penangkal Corona

Oleh : Gunawan Abdillah | Minggu, 05 Juli 2020 | 12:45 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Banyak ragam penangkal virus untuk masyarakat, kali ini para ahli membahasnya serta menyikapinya.

    Hasil riset Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) tentang efek positif minyak eucalyptus terhadap virus Corona tidak perlu disikapi dengan skeptis. Namun berlebihan memberikan klaim antivirus juga tidak dianjurkan.
    Demikian disampaikan praktisi kesehatan sekaligus dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Menurutnya, riset yang dilakukan terhadap eucalyptus baru sebatas in vitro di tingkat sel.

    "Jadi saya tidak setuju jika kalung eucalyptus disebut sebagai kalung anti virus. Cukuplah disebut kalung kayu putih atau Kalung Eucalyptus," tegas Prof Ari kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).


    Meski begitu, Prof Ari berharap riset eucalyptus bisa dilanjutkan. Bagaimanapun, minyak kayu putih yang masih berkerabat dengan eucalyptus, sejak lama digunakan dan secara empiris mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

    "Mudah-mudahan saja memang bisa terbukti secara uji klinik bermanfaat dalam terapi virus COVID-19, menjadi kontribusi Indonesia untuk dunia," harap Prof Ari.


    Senada dengan dr Ari, ahli farmasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Zullies Ikawati, Apt juga menyinggung klaim efek antivirus yang masih perlu dibuktikan. Hasil pada uji in vitro menurutnya bisa berbeda dibandingkan saat dipakai sebagai aromaterapi seperti pada kalung anticorona yang dibuat Balitbangtan.

    "Apalagi disebutkan juga di media bahwa dengan memakai kalung anticorona tersebut selama 15 menit, dapat membunuh 42 persen virus; jika dipakai 30 menit dapat membunuh 80 persen virus corona. Angka-angka itu didapat dari mana? Jika itu dari hasil uji invitro tentunya tidak pas, karena cara pemaparannya berbeda," kata Prof Zullies.

    Terlepas dari klaim antivirus, Prof Zullies menyebut kalung eucalyptus sebagai 'aksesoris aromaterapi'. Manfaatnya tidak jauh beda dengan minyak kayu putih, yakni sebagai terapi suportif.

    "Saya sendiri suka meneteskan minyak kayu putih pada tissue yang saya pasang di masker. Harumnya khas, hangat dan melonggarkan napas. Tapi apakah masih bisa berefek sebagai antivirus dengan dosis yang terhirup, saya tidak bisa menjawabnya," kata Prof Zullies.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      4 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks