Seberapa Penting Herd Immunity di Indonesia ?

Oleh : Gunawan Abdillah | Rabu, 08 Juli 2020 | 12:59 WIB



Wartakesehatan.com - Herd immunity atau kekebalan kelompok sempat digadang bisa membantu manusia untuk mengatasi pandemi virus Corona COVID-19 yang merebak sejak Desember 2019 lalu. Studi di Spanyol melakukan penelitian terkait herd immunity dan hasilnya diterbitkan di jurnal The Lancet.
Studi mengungkap bahwa dari populasi pasien Corona di Spanyol, hanya 5 persen yang terbukti bisa mengembangkan sistem kekebalan tubuh. Hasil ini dinilai kuat untuk membuktikan bahwa herd immunity tidak ampuh untuk melawan virus Corona COVID-19.

"Temuan menunjukkan 95 persen populasi Spanyol tetap rentan terhadap virus Corona," tulis studi tersebut dikutip dari CNN International, Rabu (8/7/2020).


Studi itu juga menjelaskan bahwa herd immunity bisa dicapai jika sudah ada cukup banyak populasi yang terinfeksi virus, bakteri, atau telah mendapat vaksin, sehingga bisa menghentikan penularan virus.

Pusat Pengendalian Penyakit di Eropa mengatakan studi di Spanyol melibatkan 61.000 partisipan. Tidak hanya itu, penelitian ini disebut yang paling besar di antara studi serologis tentang virus Corona di berbagai negara, seperti di Swiss, China, dan Amerika Serikat.

"Dalam temuan ini, setiap pendekatan yang diusulkan untuk mencapai herd immunity melalui infeksi alami tidak etis dan sulit untuk didapatkan," kata para peneliti.

Jumlahnya masih belum cukup
Dokter masih tidak yakin jika dengan memiliki antibodi terhadap virus Corona, orang-orang bisa terhindar dari infeksi virus Corona lagi. Masih belum ditemukan bukti yang jelas juga terkait lama waktu dan seberapa baik antibodi bisa melindungi diri dari virus.

Dalam laporan studi tersebut, terungkap bahwa seroprevalensi atau tingkat antibodi terhadap patogen dalam darah juga masih rendah. Hal ini membuat herd immunity masih sulit untuk dicapai. Bahkan, lebih membebani sistem kesehatan negara.

"Beberapa ahli menghitung, bahwa sekitar 60 persen dari seroprevalensi mungkin berarti herd immunity. Tetapi, kami masih sangat jauh untuk mencapai pada angka itu," jelas penulis utama studi Spanyol tersebut sekaligus direktur Pusat Nasional Epidemiologi Spanyol, Profesor Marina Pollan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 21 jam yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet Menakutkan di Lingkungan Kantor, Ini Cara Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet dan Tips Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Penularan virus Corona melalui udara hingga bersin disertai batuk yang menyebar hingga menjadi mikrodoplet..

+Indeks