Mikrodoplet Menakutkan di Lingkungan Kantor, Ini Cara Pencegahannya

Oleh : Gunawan Abdillah | Sabtu, 11 Juli 2020 | 13:06 WIB



Wartakesehatan.com - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet berukuran lebih kecil ini bisa bertahan lama di udara dalam ruangan karena bentuknya yang sangat kecil. "Manakala ruangan tersebut sirkulasi udaranya tidak berjalan dengan baik," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Jumat (10/7/2020).

"Sehingga partikel-partikel droplet ini tertahan melayang-melayang cukup lama di udara," lanjutnya.

Yuri menjelaskan siapa pun yang berada di dalam ruangan tersebut bisa terpapar mikrodroplet jika tidak menggunakan masker dengan benar, yakni menutupi hidung, mulut, hingga dagu. Bagaimana cara mencegah penularan Corona lewat mikrodroplet di ruang kantor? Menurut Yuri, penularan melalui mikrodroplet bisa dicegah dengan cara menjaga sirkulasi udara di ruang kantor berjalan dengan baik.

Tujuannya agar udara kotor di dalam ruangan bisa tergantikan dengan udara bersih. "Upaya ini bisa kita lakukan dengan baik. Paksakan udara bergerak, apakah dengan menggunakan kipas angin atau menggunakan kipas untuk menghisap udara keluar agar semuanya selalu bergerak," jelasnya.

"Kemudian kalau memungkinkan, jendela dibuka pada pagi hari agar udara segar dari luar juga bisa masuk," lanjutnya. Yuri menuturkan beberapa cara ini bisa dilakukan secara rutin agar lingkungan di ruang kerja kantor terhindar dari ancaman penularan Corona lewat mikrodroplet.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 21 jam yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet Menakutkan di Lingkungan Kantor, Ini Cara Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet dan Tips Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Penularan virus Corona melalui udara hingga bersin disertai batuk yang menyebar hingga menjadi mikrodoplet..

+Indeks