Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.

Oleh : ibrahim romending | Minggu, 02 Agustus 2020 | 12:04 WIB


Pengecekan kualitas daging qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur (Ibrahim)

Wartakesehatan.com - Rutinitas yang dilakukan masyarakat muslim di tanah air dan penjuru dunia disaat Idul Adha 1441 H/2020 agak berbeda dari tahun sebelumnya.

Rangkaian pelaksanaan Idul Adha pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, termasuk pula dalam prosesi pemotongan hewan qurban.

Melalui dukungan dari semua pihak maka rangkaian pelaksanaan ibadah maupun pemotongan hewan qurban dapat terlaksana baik dengan mengedepankan faktor kesehatan yang sudah diterapkan oleh panitia pelaksana di Masjid yang berada di Jakarta.

“Tahun ini masjid Al Fallah mengurbankan sapi sebanyak 10 ekor, kambing 19 ekor. Jadi ada penurunan, kalau tahun lalu itu sapi 14 ekor dan 31 ekor kambing,” terang H. Haiban di sela-sela pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Jalan Raya Bambu Apus, Kel. Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (02/08/2020).

Dalam upaya penerapan protokol kesehatan, Ketua DKM Masjid Al Falah ini telah berusaha sedemikian rupa supaya tidak terjadi kontak yang terlalu dekat, sehingga diterapkannya social distancing. Jadi semua petugas yang terlibat tetap harus memakai masker dan juga selalu mencuci tangan. 

“Saat ini pula petugas kesehatan hewan Kecamatan Cipayung juga melakukan tugas rutin untuk memeriksa sapi-sapi yang dikorbankan. Alhamdulillah sapi-sapi sehat, tapi tadi ada satu hati sapi yang sedikit tercemar cacing hati dan disarankan dibuang, namun dagingnya tidak bermasalah menurut keterangan petugas. Jadi kami tidak mau ambil risiko, maka hatinya kami buang,” ungkapnya.

Diterangkannya pula, bahwa pada tahun ini pihaknya menggunakan pertama kalinya besek bambu, dengan alasan dalam rangka menegakkan upaya “Go Green”, meminimalisir penggunaan plastik bahkan di Jakarta pun sudah dilarang penggunaannya.

“Jadi kita menggunakan besek bambu dan bongsang. Sebulan sebelumnya, kita sudah pesan dan alhamdulillah kita dapat bantuan juga dari pihak Kecamatan Cipayung serta bersyukur sekali di halaman Masjid kami punya pohon jati yang sangat banyak. Dalam menggunakan besek digunakan pula daun pohon jati agar kualitas daging lebih baik,” sebut H. Haiban.

Haiban juga berharap agar penerima daging qurban merasakan dan mendapatkan kualitas daging yang lebih baik, dikarenakan dagingnya lebih bersih dan cukup bagus. Selain itu, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada salah satu jamaah yang punya usaha penjualan daging, atas pinjaman alat pemotong tulang termasuk operatornya.

“Alat tersebut sangat membantu sekali bagi panitia qurban terutama dalam proses pencacahan yang jauh lebih cepat. Mudah-mudahan tahun depan, kita masih bisa mendapatkan bantuan alat itu dan juga operatornya,” tutur H. Haiban mengakhiri keterangannya.

Dalam kesempatan yang sama, petugas kesehatan daging hewan yang ada di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur menganggap bahwa penerapan protokol kesehatan di Masjid Al Falah sesuai dengan arahan Pemda DKI Jakarta.

“Penerapan protokol kesehatan seperti cuci tangan dan sebagainya sangat sesuai dengan anjuran Pak Gubernur (Anies Baswedan). Hanya panitia pelaksana qurban saja yang boleh melakukan pemotongan hewan qurban dan itu juga harus jaga jarak serta social distancing. Disini tidak ada masyarakat, yang ada hanya pemotong dan panitianya saja,” terang Ir. Risa.

“Untuk penggunaan besek bambu memang dianjurkan, pihak Masjid Al Falah juga menggunakan daun jati, karena daun jati itu aman untuk makanan. Jadi sudah tidak menggunakan plastik lagi, jadi mereka menggunakan besek atau bongsang,” lanjut Risa, yang bertugas di Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan Pertanian (DKPKP) Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Ditambahkannya, pihaknya setiap tahun selalu mengadakan pemeriksaan daging hewan qurban. Disamping itu, pihak juga sebelumnya pada hari Senin kemarin sebelum hari Raya Idul Adha, pihaknya mengadakan sosialisasi berkaitan pemotongan hewan kurban di Kecamatan juga dengan menerapkan social distancing.

“Sosialisasi bagaimana cara pengelolaan daging yang higienis, tata cara pemotongan yang halal dan pembagian dagingnya, seperti contoh jeroan (bagian dalam tubuh hewan) tidak boleh dicampur dengan daging. Jadi pada saat pembagian ke masyarakat pun jeroan harus dipisah dengan daging,” pungkas Ka. Satlak DKPKP Cipayung. (IM)

 

 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 22 jam yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet Menakutkan di Lingkungan Kantor, Ini Cara Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet dan Tips Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Penularan virus Corona melalui udara hingga bersin disertai batuk yang menyebar hingga menjadi mikrodoplet..

+Indeks