Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Oleh : ibrahim romending | Selasa, 04 Agustus 2020 | 12:35 WIB


Penerapan Protokol Kesehatan di Masjid Nurul Hikmah, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (1/8/2020). (Ibrahim)

BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan dan kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan menjadi prioritas, termasuk disaat menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M.

    Dalam upaya mencegah penyebarannya di masa pandemi Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menganjurkan dan mengharapkan kepada masyarakat ibukota untuk menerapkan protokol kesehatan terutama saat melakukan pemotongan hewan qurban.

      

    Melalui pemantauan maupun pengamatan, diharapkan dapat menjaga kualitas daging qurban dan faktor kesehatan masyarakat dapat diterapkan serta dipatuhi secara bersama-sama.

      

     “Saya sebagai Lurah Cipayung mendapatkan instruksi dari pimpinan untuk melakukan monitoring di tempat-tempat pemotongan hewan qurban. Alhamdulillah dari beberapa RW yang saya kunjungi,  hampir semua para pemotong hewan qurban memakai masker, sesuai arahan pimpinan dan penggunaan plastik hampir berkurang,” jelas Mesrarianita, S.KM., M.Si saat meninjau Masjid Nurul Hikmah di RT 04 RW 06 Kel. Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

    “Bersyukur sekali di Masjid Nurul Hikmah ini sudah menggunakan besek bambu, saya dapat informasi bahwa sudah tahun ketiga ini menggunakannya untuk mengantar daging qurban yang akan disampaikan kepada warganya,” lanjutnya.

    Menurut Lurah yang baru berdinas mulai Januari 2020 di wilayah Kelurahan Cipayung ini, mengatakan bahwa pemakaian besek bambu ini lebih higienis, jadi sesuai juga dengan protokol kesehatan dan lebih bagus lagi dikarenakan mengurangi penggunaan sampah-sampah plastik, walaupun ditinjau dari harganya memang agak lebih mahal.

    “Harapan saya dari pelaksanaan pemotongan hewan qurban ini, pertama adalah dengan adanya kekompakan ini dapat menjalin keharmonisan sesama warga. Kedua, dengan berkurban kita berharap kepada ALLAH SWT, melalui keikhlasan dalam momen-momen penting ini untuk menjadi pribadi yang bertawakal dan lebih baik lagi,” katanya.

    “Mudah-mudahan dengan kita menanamkan kebaikan, ALLAH SWT akan mengangkat derajat masyarakat disini, mengembalikan kesehatan seperti sediakala dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” harap Mesrarianita, yang sebelumnya bertugas menjadi Lurah Kebon Manggis, Kec. Matraman, Jakarta Timur.

    Selain berkunjung ke Masjid Nurul Hikmah, Lurah Cipayung juga memantau pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Islam RW 08, Masjid Mujahidin & Nurhidayah di RW 06, Masjid Nurul Iman RW 02 dan Masjid Baitul Ilmi RW 01. (IM)

     




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks