Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Oleh : ibrahim romending | Selasa, 04 Agustus 2020 | 21:30 WIB


Penerapan Protokol Kesehatan di Masjid Baiturrahman, Cipayung, DKI Jakarta, Jum'at, 31-07-2020 (Ibrahim)

BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari rutinitas yang biasa dilakukan pada tahun sebelumnya.

    Mengingat dan masih dirasakannya masa pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, maka penerapan protokol kesehatan menjadi prioritas agar kesehatan masyarakat tetap terjaga.

    Panduan dan anjuran pemerintah dalam proses pelaksanaan ibadah dan pemotongan hewan qurban pada tahun ini, tak luput dari kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dirinya dan lingkungan sekitarnya.

    Untuk itulah jamaah dan panitia Masjid Baiturrahman yang berlokasi di Jalan Tengki RW 03, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta berupaya semaksimal mungkin dalam menjalankan protokol kesehatan.

    Disaat pelaksanaan sholat Idul Adha pada hari Jum'at (31/7/2020), dan dilanjutkan pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan hari Sabtu (1/8/2020), telah menerapakan protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah.

    Rangkaian kegiatan berjalan dengan baik yang dikoordinir oleh Ketua RT 03/03 M. Dedi Irawan sebagai Ketua Panitia Pelaksana Idul Adha 1441 H, sementara Khotib sholat Idul Adha dipercayakan kepada Ust. Erwin Siregar.

    Sementara itu, Panitia Pelaksana Idul Adha di Masjid-Masjid yang berada di lingkungan Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung secara bersama-sama telah peduli dan sadar akan himbauan tersebut demi menjaga kesehatan.    

    “Kita sadar di masa pandemi Covid-19. Kita awalnya menunggu kepastian dari pihak Kelurahan setempat tentang pelaksanaan Idul Adha, apakah boleh dilakukan di masjid atau tidak?. Makanya kita bergerak mulai tanggal 16 juli 2020, ketika ada kepastian bahwa boleh diadakan di area masjid. Tentunya dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan yang hampir sempurna,” ucap Dhian di Masjid Al Islam, Kavling DKI RW 08, Kel. Cipayung, Kec. Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

    Ketua Panitia Pelaksana Idul Adha 1441 H Masjid Al Islam ini, mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan dalam menerapkan protokol kesehatan, yaitu dengan cara menutup area pemotongan hewan qurban menggunakan tenda, agar tidak ada terjadi kerumunan massa.

    Langkah selanjutnya, diterangkannya bahwa panitia pelaksana diwajibkan untuk memakai masker dan yang tidak pakai master tidak dilibatkan, kemudian tempat pemotongan harus steril, jadi hanya petugas saja yang berada disitu. 

    “Tapi bagi si pengurban boleh masuk untuk menyaksikan pemotongan hewan qurbannya. Mereka (pengurban) boleh masuk, terlebih dahulu dipanggil saat hewan kurbannya akan dipotong. Setelah menyaksikan, mereka diharapkan keluar dari area pemotongan, dan bisa kembali lagi jika akan mengambil hak jatah daging kurbannya,” terangnya.

     

    “Jadi kita upayakan area pemotongan hewan qurban ini steril dan menghindari kerumunan massa,” ujarnya.  

    Diungkapkannya pula, dalam proses pembagian hewan qurban, panitia mempunyai dua bagian penerimanya, yaitu ada yang sudah terdaftar maupun tidak terdaftar. Bagi yang sudah terdaftar, panitia akan mengantarnya secara door to door atau dari rumah ke rumah.

     

    “Sementara penerima yang belum terdaftar, seperti warga yang datang mendadak ke masjid, akan kita berikan kupon dan langsung disuruh pulang. Selanjutnya, disuruh datang kembali ketika kita sudah siap untuk dibagikan. Jadi penting sekali menerapkan physical distancing, karena pandemi ini menurut saya adalah Challenging (tantangan) bagi kita,” ungkap Dhian.

    Pada tahun ini hewan Qurban yang dipotong oleh panitia Masjid Baiturrahman sebanyak 6 ekor sapi dan 14 ekor kambing, sementara panitia Masjid Al Islam memotong 7 ekor sapi dan 29 ekor kambing. (IM)   

     




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks