Masker Daun Kemangi Bikin Cantik Wajah Anda

Oleh : Gunawan Abdillah | Jumat, 21 Agustus 2020 | 12:12 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Dalam keseharian, kita sering menemukan daun kemangi menjadi bagian dari lalapan masyarakat Indonesia. Aromanya yang harum dan segar, sangat cocok dicocol dengan sambal terasi.

    Kemangi kadang dicampurkan ke dalam sejumlah sayuran, yang membuat citarasa dan aromanya semakin menggoda.

    Ternyata selain rasanya yang enak dan segar, kemangi juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk kesehatan kulit.

    Daun kemangi kaya kandungan antiseptis sehingga daunnya dapat menjadi solusi untuk berbagai macam penyakit kulit. Penyakit kulit yang bisa diatasi dengan daun kemangi antara lain jerawat, komedo, noda, atau bekas jerawat.

    Banyak yang menyarankan menggunakan daun kemangi pada kulit wajah seminggu sekali. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

    Dilansir dari Boldsky , berikut sejumlah kombinasi bahan dengan menggunakan daun kemangi yang bisa membuat kulit wajah menjadi kinclong:

    Masker Daun Kemangi dan Minyak Kelapa


    Campurkan satu sendok teh minyak kelapa dengan dua jumput kemangi bubuk (atau kemangi yang digerus). Oleskan dan diamkan selama 15 menit. Untuk melembapkan kulit, gunakan masker ini seminggu sekali.

    Masker Daun Kemangi dan Yogurt


    Daun kemangi yang dikombinasikan dengan yogurt dikenal sebagai pembasmi dan penghindar jerawat. Hancurkan 7-8 lembar daun kemangi dan campur dengan yogurt segar. Oleskan pada wajah dan biarkan selama beberapa menit. Menggunakan masker ini seminggu sekali dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

    Rebus 10-12 daun basil dalam sepanci air. Biarkan mendidih hingga 3-4 menit, lalu dinginkan. Simpan air ekstrak kemangi ini dalam botol toner bekas atau botol semprotan yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Gunakan ekstrak daun kemangi ini sebulan dua kali untuk mendapatkan kulit cerah dan berkilau.

    Masker Daun Kemangi dan Lemon


    Masker ini sangat berguna untuk kulit berminyak dengan menyerap minyak berlebih dan mengangkat sisa kotoran pada wajah. Hancurkan segenggam daun kemangi dan campurkan dengan lemon yang telah diperas. Oleskan dan diamkan selama 10 menit.

    Masker Daun Kemangi dan Bubuk Kayu Cendana


    Untuk membuat masker ini, rebuslah 10-12 helai daun kemangi dalam air mendidih. Kemudian, campurkan ekstrak tersebut dengan bubuk kayu cendana. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Bilas dengan air dingin.

    Masker Daun Kemangi dan Mint


    Haluskan daun kemangi dan daun mint dengan blender, lalu campurkan dengan beberapa tetes air mawar. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bertemperatur sedang. Masker ini akan membuat wajah anda cerah dan berkilau

    Masker Daun Kemangi dan Putih Telur


    Untuk mencerahkan kulit, hancurkan segenggam daun kemangi dan campur dengan satu butir putih telur. Diamkan, bilas dengan air dingin, dan semprotkan toner pada wajah. Hasilnya, kulit akan terlihat kinclong seketika.

    Cukup mudah dan bahan-bahannya relatif banyak tersedia. Tak ada salahnya mencoba di tengah rutinitas harian di tengah pandemi saat ini. Meski di rumah saja, pastikan kulit tetap terawat dengan baik




    #Cantik #Daun Kemangi #Masker
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks