Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Oleh : ibrahim romending | Senin, 24 Agustus 2020 | 11:30 WIB


Pelanggar tak bermarker menerima sanksi dari petugas di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu, 22 Agustus 2020. (Ibrahim)

BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab semua pihak dan keterlibatan unsur masyarakat sangat mempengaruhinya.

    Anjuran pemerintah pada setiap tingkatan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 masih terus berlanjut hingga saat ini.

    Peraturan pemerintah daerah yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan perlu mendapatkan dukungan dan dipatuhi, terutama yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan disaat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    Demi terealisasinya pelaksanaan peraturan yang telah disepakati, maka pihak Kecamatan Cipayung, Kota Madya Jakarta Timur, yang saat ini dipimpin Camat Fajar Eko Satriyo secara berkala bersama pihak terkait lainnya melakukan razia masker di wilayahnya.

    “Sesuai dengan peraturan pemerintah mengenai penerapan protokol kesehatan, pertama memakai masker, kedua mencuci tangan sesering mungkin, dan ketiga menjaga jarak antar orang. Tiga poin utama itu yang kita terus awasi dan diterapkan di tengah masyarakat,” ujar Muhamad Syahroni di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (22/8/2020).

    Pengendali Covid-19/Satpol PP Tingkat Kecamatan Cipayung ini mengatakan bahwa langkah yang dijalankan sesuai pula dengan PSBB perpanjangan, yaitu Pergub No. 80 tahun 2020, tentang PSBB masa transisi dan juga Pergub No. 79 tahun 2020 yaitu tentang pendisiplinan masyarakat untuk penerapan protokol kesehatan.

    Dikatakannya, bahwa sanksi berikut pengawasannya ada pada Pergub No. 79 tahun 2020, yang mana bagi pelanggar mendapatkan sanksi, yang pertama, adanya sanksi kerja sosial, yaitu membersihkan fasilitas umum seperti jalan atau trotoar atau tempat fasilitas umum lainnya.

    “Adapun sanksi kedua, yaitu sanksi denda adiministrasi sebesar 250 ribu rupiah, nantinya pelanggar mentransfer ke Bank DKI atas nama BPKD Provinsi DKI Jakarta. Dana itu diperuntukkan bagi korban Covid-19 dan juga proses kesehatan penanggulangan Covid-19 di Jakarta,” terang Syahroni.

    Sementara itu, saat pelaksanaan razia masker berlangsung, masih ada juga ditemukan masyarakat terutama pengendara motor yang mengabaikan aturan tersebut.

    Bagi pelanggar sendiri sudah diberikan sanksi oleh pihak berwenang dan diharapkan nantinya tingkat kesadaran memakai masker semakin meningkat dan tidak melakukan hal serupa di kemudian hari saat masih pandemi.

    “Saya merasa ngegampangin (mengabaikan) gitu aja. Saya taruh maskernya disaku saja, jadi tidak dipakai, sehingga mendapatkan teguran dari petugas,” ucap Tegar, salah satu pelanggar yang telah mendapatkan sanksi sosial.  

    “Untuk yang akan datang, saya dari rumah ataupun dari mana saja akan langsung pakai masker, demi mengikuti peraturan yang sudah ada,” sambung Tegar.

    Saat pelaksanaan razia masker yang merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, berlangsung di pertigaan McDonald's Cipayung dan berjalan kondusif. (IM)

     

     

     




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks