Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Oleh : Gunawan Abdillah | Selasa, 15 September 2020 | 10:27 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum ditemukan, kendati sejumlah obat herbal diklaim efektif mengatasi wabah tersebut.

     

    Oleh karena itu, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi (Kemenristek/BRIN) menegaskan obat herbal hanya untuk mendukung peningkatan imun tubuh.

     

    Hal itu ditegaskan Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN Ali Ghufron Mukti. Dia mengakui sudah banyak perusahaan bahkan perseorangan yang mengklaim obat buatannya ampuh untuk menyembuhkan virus Corona.

     

    Padahal, jelas dia, fungsi obat herbal tersebut hanya sebagai peningkat imun tubuh atau immunomodulator.

     

     

    “Terutama herbal yang banyak klaim, kita berharap bisa mendukung itu untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan kalau bagus bisa diberikan ke pasien yang orang tanpa gejala, gejala ringan, dan sedang supaya bisa terselesaikan,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

     

    Ghufron menyebutkan obat herbal terdiri atas tiga jenis, ada jamu, ada OHT (obat herbal terstandar), dan fitofarmaka.  “OHT saja harus ada uji, paling tidak infitro, kemudian fitofarmaka ini harus diuji klinis. Seringnya, belum uji klinis tapi sudah klaim bisa menyembuhkan,” kata dia.

     

    Anggota Komite Nasional Penilai Obat BPOM Anwar Santoso menambahkan, uji klinis untuk fitofarmaka tidak sederhana, karena tetap harus dibandingkan dengan kontrol dan harus ada standarnya.

     

    “Kalau beluma ada standarnya, bisa gunakan standar profesi, harus ada investigational product seperti membandingkan dengan produk lain, karena kalau tidak dibandingkan tidak akan ada hubungan sebab akibat, tidak diketahui hasilnya akan seperti apa,” jelasnya.

     

    Obat Herbal Terstandar (OHT) merupakan pengembangan obat bahan alam Indonesia yang telah terstandar kandungan bahannya dengan khasiat yang telah dibuktikan secara uji praklinik, sedangkan Fitofarmaka (FF) merupakan obat bahan alam yang telah melalui pembuktian uji praklinik dan uji klinik serta telah terstandar kandungan bahannya.

     

    Pengembangan OHT dan FF di Indonesia, selain untuk mengangkat dan melindungi pemanfaatan tanaman obat asli Indonesia, juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan produksi oleh industry dan usaha di bidang obat tradisional.

     

    Secara ringkas, Informatorium ini memberikan penjelasan tentang bagaimana proses obat bahan alam dapat dimanfaatkan menjadi OHT maupun FF serta produk apa saja yang telah terdaftar di Badan POM.

     

    "Saya menyambut baik dengan terbitnya buku "Informatorium Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) di Masa Pandemi COVID-19" yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat untuk secara bijak dan rasional dalam menggunakan produk OHT dan FF," Penny K. Lukito menambahkan.

     

    Disamping itu, lanjut Penny K. Lukito, sebagai upaya pengembagan minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk obat alternatif berbahan alam sehingga mendukung upaya dalam membangun daya tahan tubuh melalui konsumsi OMAI dalam menghadapi pandemik COVID-19.

     

     

     

    Kepala Pusat Kesehatan TNI Tugas Ratmono mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan obat yang aman, terutama pada masa pandemi agar tidak menambah penyakit baru di dalam tubuh atau malah merusak imun tubuh.

     

    “Masyarakat harus menggunakan obat yang aman, tentunya obat yang beredar sudah ada izin edar. Segala sesuatunya kita harus hati-hati betul, melihat banyak kabar beredar tentang ramuan herbal ini itu, perhatikan bahwa kita harus ada dasar ketika memberikan informasi,” ucapnya.

     

    Sementara Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk pasien COVID-19. Sebab kombinasi ini disesuaikan dengan protokol tata laksana pengobatan COVID-19 sekaligus kondisi pasien itu sendiri.

     

    "Kita mengobati pasien berdasarkan kondisi," ujar Ketua PDPI, Agus Dwi Santoso, dalam talkshow daring pada Selasa (18/8). "Itu dimulai dari kondisi tanpa gejala, gejala ringan, kondisi gejala sedang, pneumonia berat hingga kritis."

     

    Untuk pasien COVID-19 tanpa gejala, dijelaskan oleh Agus, hanya perlu diberikan vitamin dan obat-obatan yang sifatnya immunomodulator alias untuk menstimulus pertahanan imun secara alamiah. Obat-obatan itu bisa bersifat tradisional atau obat modern.

     

    "Tentunya menggunakan obat-obatan yang telah mendapat izin edar di indonesia. Ini sifatnya sebagai suportif pasien tanpa gejala," tutur Agus, seperti dilansir dari Kontan, 

     

     

     

     

    Stimuno

     

    Dr. Raymond Tjandrawinata selaku Molecular Pharmacologist Dexa Group mengatakan, untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan baik, maka penting menerima asupan untuk imun tubuh berupa imunomodulator. Dexa Medica sebagai salah satu perusahaan farmasi Nasional di Indonesia memproduksi Stimuno yang berfungsi sebagai imunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sakit, dan mempercepat proses penyembuhan. Stimuno saat ini sudah dipasarkan ke manca negara, bahkan Stimuno pernah mendapatkan penghargaan Primaniyarta karena telah go international.

     

    Stimuno yang merupakan Obat Modern Asli Indonesia atau OMAI merupakan produk obat berbahan baku alam Indonesia yang ditemukan oleh ilmuwan Indonesia. Penciptaan OMAI ini merupakan salah satu upaya Dexa Group untuk melakukan substitusi bahan baku farmasi impor, sekaligus mendorong pecepatan kemandirian bahan baku farmasi seperti yang telah diinstruksikan Presiden Joko Widodo dalam Inpres 6 Tahun 2016. Beberapa OMAI yang sudah dipasarkan di antaranya HerbaKof, HerbaCold, Inlacin, Redacid, Asimor, Disolf, dan lain-lain.

     

    Lebih lanjut Dr. Raymond menjelaskan Stimuno merupakan OMAI yang terbuat dari ekstrak tanaman meniran (Phyllanthus niruri) yang diproduksi secara organik. Selain itu, Stimuno sudah bersertifikat BPOM Fitofarmaka yang telah teruji klinis baik khasiat maupun keamanannya.

     

    “Stimuno bekerja membantu merangsang tubuh memproduksi lebih banyak antibodi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal. Dengan cara kerja ini, Stimuno sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi orang yang sedang sakit maupun mengantisipasi terjangkitnya wabah penyakit,” kata Dr. Raymond.

     

    Bukti klinis terhadap khasiat Stimuno, pernah diujikan pada penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Dalam pengujian ini, penggunaan ekstrak tanaman Phyllanthus niruri pada pasien anak-anak dengan ISPA memberikan indikasi positif dapat mempercepat penurunan demam.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

      Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
      Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

      Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

      Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
      Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
      Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

      Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

      Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
      3 minggu yang lalu

      Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

      Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
      Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

      UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

      Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
      Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

      PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

      Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
      Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

      Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

      Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
      Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

      Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

      Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

      +Indeks